STB Kamu Rusak? Sudah Cek Mesin Set Top Box TV Digital Belum? – Beli Saja Yuk

STB Kamu Rusak? Sudah Cek Mesin Set Top Box TV Digital Belum? - Beli Saja Yuk
Sumber: Tokopedia
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi kalian yang sudah membeli STB, namun ada permasalahan yang muncul seperti mesin set top box tv digital rusak dan tidak bisa nyala. Simak terlebih dahulu artikel ini.!

Sebagaimana kita ketahui bahwa STB adalah alat yang sangat penting bagi yang mempunyai tv. Dengan menggunakan STB, kamu bisa mendapatkan siaran tv yang jernih. Nah biasanya STB yang sering di pakai dan tidak pernah di rawat makan mesin dari STB itu akan cepat rusak. Lantas bagaimana cara mengatasinya.

Sebelum ke cara mengatasinya kamu juga harus tahu penyebabnya.

Penyebab Set Top Box Mati

Sebelum mengetahui cara memperbaiki decoder yang mati total, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jadi STB bisa mati total karena dipakai terlalu lama hingga overheat. Ternyata, kondisi overheating juga akan menyebabkan decoder menjadi short.

Baca Juga:Canggih Amat ! Yamaha Filano Siap Mengaspal – Segini HarganyaSaatnya Bebas dari Polusi – Yuk Beli Motor Listrik Murah! Ini Dia Harganya

Ya, itu sangat mempengaruhi situasi dimana decoder berhenti bekerja dan crash. Jadi setiap kali Anda selesai menggunakan decoder, sebaiknya segera matikan. Tujuannya untuk menghindari korsleting atau STB terlalu panas.  

Cara Memperbaiki STB

1. Cek Kabel Power

Untuk memperbaiki STB yang mati total, periksa dulu kabel powernya. Jika Anda memeriksa kondisi kabel listrik apakah ada yang terkelupas atau rusak, maka harus diperbaiki.

Setelah diperbaiki, silakan colokkan dan lihat apakah berfungsi. 

2. Pindahkan Colokan Listrik ke Outlet Lain

Sebelum memperbaiki STB, Anda juga dapat memindahkan steker ke stopkontak lain terlebih dahulu.

Mungkin soket yang Anda gunakan sedang mengalami masalah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti stopkontak terlebih dahulu.  

3. Reset Set Top Box

Jika cara sebelumnya gagal, Anda bisa mereset Set Tob Box. Untuk melakukan ini, tekan tombol power cukup lama. Lalu silakan hidupkan kembali. Jika metode ini masih tidak menerima decoder dalam keadaan normal, Anda dapat mencoba metode lain.

Reset STB hingga 3 kali, maka Anda dapat melihat perubahannya. Jika tidak ada perubahan, Anda bisa mencoba memperbaiki Set Tob Box dengan cara lain. 

4. Membeli Mesin Set Top Box TV Digital

Jalan pintas yang terakhir adalah dengan membeli mesin set top box tv digital yang baru. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp219.000.

Nah, itulah informasi tentang harga penyebab STB yang rusak.

0 Komentar