Bangun Komitmen Bersama Dalam Penanggulangan TBC Di Kota Cirebon

0 Komentar

Tuberkulosis Komunitas Pena Bulu, STPI, melakukan forum multi sektor, untuk membangun komitmen bersama dalam menanggulangi penyakit TBC di Kota Cirebon. Hal itu sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan TBC dan pencegahan munculnya kasus baru TBC.

Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Indonesia menjadi penyumbang dua per tiga penyakit TBC di dunia, dan menduduki peringkat dua dunia setelah India. Bahkan di tahun 2021, ada 820 ribu lebih kasus baru TBC di Indonesia, sementara angka kematian kasus TBC masih tinggi di Indonesia, mencapai 93 ribu kematian setiap tahun atau 11 kematian per jam.

Sementara di Kota Cirebon, jumlah kasus hingga Agustus 2023, tercatat 2.212 kasus, kasus TB anak sebanyak 546 kasus dari target hanya 97 kasus. Hal ini memerlukan penanganan bersama semua pihak.

Baca Juga:Menikmati Lezatnya ComroSamsat Digital Terminal Leuwipanjang Resmi Beroperasi, Mudahkan Layanan Pajak Masyarakat

Sehingga sebagai upaya penanggulangan, dan mencapai target agar angka kesembuhan meningkat, dan pencegahan kasus baru TBC. Komunitas Pena Bulu STPI, bersama unsur dinas, baik Dinkes, Dinsos, Disdik, Bapelitbangda, Kemenag dan lainnya melakukan komitmen bersama memberi kontribusi positif dalam penanggulangan TBC melalui forum multi sektor.

Masalah akibat TBC akan berdampak pada kesehatan dan tatanan sosial, ekonomi budaya. Sehingga melalui komitmen bersama ini, diharapkan, kedepan kasus penyakit TBC dapat terus ditekan

0 Komentar