Mari Berkunjung Ke Perpustakaan Muntilan Yang Megah & Mewah “Tingkatkan Literasi dengan Membaca Buku”

Mari Berkunjung Ke Perpustakaan Muntilan Yang Megah & Mewah "Tingkatkan Literasi dengan Membaca Buku"
Sumber: Google Foto
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi yang tinggal di Muntilan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Perpustakaan Muntilan. Selain membaca buku, ada juga sarana lainnya yang menarik loh…

Lokasi Perpustakaan

Berlokasi di Jl. DR. Sutomo No.8a, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411. Dengan suasan yang sejuk ini sangat nyaman untuk di kunjungi.

Biaya Pembangunan

Perpustakaan megah seharga lebih dari Rp 21 miliar ini menempati lahan seluas 8.720 meter persegi di Jalan Raya Yogyakarta-Muntilan. Perpustakaan ini berisi kurang lebih 42.724 buku dengan 26.179 judul, antara lain buku-buku tentang sains, keterampilan, perawatan hewan, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Baca Juga:Cari Penginapan Muntilan Yang Murah? Sini Sini Aku Kasih Tahu Rekomendasinya!Harga Speaker Aktif 12 inch Termurah Cuma Ratusan Ribu Saja – Cek Rekomendasinya!

Terdapat tiga bangunan yaitu Graha Saba Pustaka atau gedung serba guna yang berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat. Graha Pintaka atau Arsip mengelola arsip-arsip pemerintah daerah, tempat menyimpan seluruh arsip-arsip pemerintahan Kabupaten Magelang, serta Graha Wasesa atau gedung perpustakaan yang menyimpan berbagai macam buku ilmu-ilmu berbeda.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan karena berbagai jenis informasi dapat kita kumpulkan di perpustakaan, sehingga dapat merangsang literasi masyarakat untuk segala kebutuhan ilmuwan di masyarakat, khususnya generasi muda dan pelajar. Karena selain menyediakan buku, perpustakaan juga memiliki internet untuk mengakses berbagai informasi

Berbagai Ruang & Gedung Yang Nyaman

Perpustakaan megah yang dilengkapi generator berdaya 80.000 watt ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk meningkatkan minat membaca. Selain itu, perpustakaan juga dilengkapi dengan banyak taman indah baik alami maupun ekologis yang telah dipercantik. Seperti halnya ruang Kintaka dan Wasesa dua lantai, ruang Graha Seva satu lantai memiliki fasilitas antara lain tempat parkir, area penyandang disabilitas, ruang ramah anak (ruang baca anak), ruang baca privat untuk anak penyandang disabilitas, ruang laktasi (ibu menyusui). , bioskop rumah, ruang baca umum, area komputer serta area akses Internet.

Sedangkan Gedung Wasesa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan dilengkapi taman pintar, 8 gazebo serta taman melingkar untuk anak-anak belajar rambu lalu lintas. Selain itu, Kabupaten Magelang juga melestarikan peninggalan budaya berupa bekas Kantor Kawedanan Muntilan yang masih eksis tanpa ada perubahan fisik.

Terdapat pula tugu literasi yang terletak di salah satu sudut situs, yang filosofinya mengajak masyarakat meningkatkan budaya membaca. Struktur bangunan dengan perpustakaan dan arsip yang terintegrasi dalam satu kompleks memberikan inspirasi bagi peningkatan pelayanan masyarakat dalam budaya membaca.

Yuk berkunjung ke Perpustakaan Muntilan!!!!

0 Komentar