Sedekah Bumi Desa Gebang Kulon

0 Komentar

Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, menggelar sedekah bumi dengan membawa hasil pertanian keliling desa. Kegiatan itu sebagai bentuk syukur atas melimpahnya hasil pertanian tahun ini.

Kehadiran boneka yang membawa hasil bumi menjadi ciri khas sedekah bumi di Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Boneka seperti layaknya petani wanita yang membawa hasil panen ini berkeliling desa dalam kegiatan sedekah bumi, Minggu pagi.

Selain boneka yang membawa hasil bumi, juga terdapat tumpeng raksasa yang diarak keliling desa serta beberapa kereta kencana dan ogoh ogoh. Kuwu Gebang Kulon, Andi Subandi mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, tujuannya sebagai bentuk terima kasih kepada Allah SWT atas keberkahan hasil bumi maupun hasil lainnya.

Baca Juga:Pilwu PAW Tambelang Digelar Tiga PutaranDesa Pengarengan Gelar Ritual Larung Saji

Kuwu berharap, dari kegiatan sedekah bumi ini, kedepan warga Desa Gebang Kulon baik, petani, pembuat bata maupun lainnya mendapatkan rezeki yang melimpah. Khususnya untuk pertanian agar bisa tiga kali panen sehingga masyarakat gebang kulon mampu dan sejahtera.

Sementara, Pemdes pun berharap kegiatan sedekah bumi tahun selanjutnya bisa lebih meriah dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Cirebon

0 Komentar