Tradisi Muludan Di Kampung Kebon Dalem

0 Komentar

Di Kampung Kebon Dalem Desa Gemulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, warga turut serta menjaga tradisi muludan. Dengan mendatangkan para kyai, tokoh agama, dan sesepuh masyarakat, hingga anak-anak, berdoa bersama, pembacaan barjanji hingga bersedekah.

Para sesepuh, tokoh masyarakat, hingga anak-anak berdatangan dengan menggunakan pakaian muslim, ke lokasi salah satu rumah warga yang rutin mempertahankan tradisi muludan, di Kampung Kebon Dalem, Desa Gumulung Lebak, Greged, Cirebon. Di tengah rindangnya pepohonan dan udara pagi yang masih sejuk, masyarakat di kampung ini, turut merefleksikan kecintaan kepada Nabi.

Dalam peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, salah satu yang dilakukan, berupa doa bersama yang di pimpin para kyai dan tokoh agama setempat. Kemudian dilanjutkan pembacaan barjanji, yang dilakukan secara bergiliran, oleh para tokoh agama. Harapannya untuk mengingatkan bahwa ada insan yang mulia, yakni Nabi Muhammad, harus jadi tauladan dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Baca Juga:Tasyakur Sedekah Bumi Ke-10 Kampung Sirandu Kota CirebonSultan Kacirebonan Apresiasi Adat Istiadat Nadran Di Pesisir Panjunan

Setelah doa dipanjatkan untuk berharap keberkahan dan limpahan rizki, dalam tradisi muludan juga dilakukan bersedekah berupa makanan untuk masyarakat, dan tokoh agama yang datang dalam tradisi muludan

0 Komentar