Tasyakur Sedekah Bumi Ke-10 Kampung Sirandu Kota Cirebon

0 Komentar

Masyarakat di wilayah Kampung Sirandu, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, menyelenggarakan tasyakur sedekah bumi. Warga menggelar arak arakan hasil bumi, kesenian tradisional, hingga pagelaran wayang kulit. Berikut liputannya.

Kota Cirebon memiliki keunikan dan keanekaragaman budaya yang dirawat oleh masyarakat, termasuk hingga ke tingkat RW maupun kelurahan. Seperti adat istiadat sedekah bumi, yang diselenggarakan di Kampung Sirandu, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, yang sudah berjalan 10 tahun terakhir.

Kegiatan yang terlaksana dengan dana swadaya masyarakat ini tetap meriah. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti sebelumnya ada tasyakuran dan doa bersama.

Baca Juga:Sultan Kacirebonan Apresiasi Adat Istiadat Nadran Di Pesisir PanjunanSeni Brai Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Cirebon

Dilanjutkan pada Minggu paginya, digelar arak arakan hasil bumi, baik berupa sayur mayur buah dan lainnya. Yang di arak keliling kampung, bersama iringan kesenian radisional, seperti burok, dan lainnya.

Salah satu tokoh Cirebon yang juga calon walikota berharap, sedekah bumi ini diharapkan dapat di dukung penuh oleh pemerintah, sebagai bagian dari potensi tradisi yang dimiliki Kota Cirebon.

Melalui sedekah bumi ini, masyarakat mengharapkan mendapatkan keberkahan dan juga hasil bumi di wilayah Sirandu bisa lebih melimpah, untuk kesejahteraan masyarakat

0 Komentar