Smart TV atau Android TV: Mana yang Layak Dibeli untuk Pengalaman Menonton yang Lebih Baik?

Smart TV atau Android TV: Mana yang Layak Dibeli untuk Pengalaman Menonton yang Lebih Baik?
mana lebih bagus smart tv atau android tv: dorangadget.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mana yang lebih bagus, Smart TV atau Android TV? Yuk, ketahui keunggulan dan kekurangan keduanya sebelum membeli TV baru dalam artikel ini.

Sektor siaran televisi Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak Kominfo mengumumkan transisi ke siaran televisi digital. Hal ini juga berdampak pada jenis TV yang beredar di pasaran. Smart TV dan Android TV adalah dua jenis TV yang semakin populer.

Memiliki kesamaan, yaitu memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet, tetapi banyak orang masih bingung dengan kedua TV ini, yang menyebabkan banyak pertanyaan.

Baca Juga:Huawei FreeBuds Pro: Desain Futuristik, Kualitas Suara Luar Biasa, dan Fitur Unggulan!Temukan Pilihan HP Murah Spek Tinggi Terbaik dengan Fitur Terkini dan Desain Menggoda!

Apa perbedaan dari kedua jenis TV Smart TV atau Android TV? Mana yang lebih bagus?

Meski terlihat mirip, terdapat beberapa perbedaan penting antara Smart TV dan Android TV yang perlu kamu pahami sebelum membeli, dan dalam artikel ini kita akan menguliknya. Simak terus penjelasannya agar kamu dapat memilih jenis TV yang tepat sesuai kebutuhan.

Apa Itu Smart TV?

Apa sih ciri khusus yang di miliki Smart TV di banding TV biasa? Ingat ya, TV digital itu juga masuk ke TV biasa, loh!

Smart TV umumnya memiliki fitur pembeda, yakni dapat terhubung ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet secara langsung. Tak heran banyak orang yang menggunakan TV ini untuk mengakses konten online yang memiliki layar resolusi tinggi.

Di lengkapi dengan aplikasi hiburan seperti Netflix, YouTube, dan Facebook, yang dapat di akses melalui internet, Smart TV juga memiliki navigasi yang mudah dan aplikasi menunjukkan bahwa mereka menggunakan sistem operasi yang mirip dengan smartphone.

Seperti komputer, Smart TV memiliki banyak port. Salah satunya adalah port HDMI, yang memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat seperti konsol game. Selain itu, TV memiliki port LAN, yang memungkinkan TV terhubung ke internet melalui kabel ethernet.

Apa Itu Android TV?

Masih ingat diskusi tentang Smart TV dengan sistem operasi di bagian sebelumnya? TV Android sebenarnya merupakan teknologi maju dari Smart TV. Android adalah sistem operasi TV Android.

Baca Juga:Daftar HP Murah Gres Terbaru: Performa Maksimal, Harga Terjangkau!Upgrade Hiburan Anda dengan Mudah: Panduan Beralih ke TV Digital Sharp Aquos

Jika Anda mempertimbangkan smartphone, benar bahwa sistem operasi Android serupa dengan sistem smartphone tetapi telah di sesuaikan untuk TV. TV Android memiliki prosesor yang lebih canggih karena memiliki sistem operasi Android.

Karena Android di kembangkan oleh Google, Anda dapat mengakses berbagai fiturnya, termasuk Google Play Store dan Google Voice. Dengan RAM dan prosesor, browsing internet lebih cepat dan lebih baik di bandingkan dengan TV pintar umumnya.

Perbedaan Smart TV and Android TV

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu sudah bisa menebak apa perbedaan Smart TV dan Android TV. Namun, selain beberapa hal di atas, terdapat beberapa perbedaan lain yang wajib kamu ketahui.

1. Tampilan TV

Smart TV umumnya memiliki tampilan yang lebih sederhana di bandingkan dengan Android TV sehingga lebih ‘ramah’ untuk penggunanya. Hal ini di karenakan sistem pada smart TV yang tidak jauh berbeda dari TV analog.

Sementara tampilan Android TV yang lebih kompleks seperti smartphone membuat penggunanya harus belajar lebih apalagi jika belum pernah mengoperasikan sistem Android.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi Smart TV berbeda tergantung setiap merek, misalnya WebOS untuk LG dan Tizen untuk Samsung. Sementara TV Android menggunakan sistem Android yang bisa di kontrol dengan lebih leluasa.

3. Ketersediaan Aplikasi

Meski sama-sama di bekali aplikasi bawaan, TV Android tampak lebih unggul karena kemudahan dalam mengakses Google Play Store untuk menambah aplikasi. Sementara Smart TV, kamu hanya dapat mengakses aplikasi bawaan yang telah terinstal pada TV.

4. Proses Update

Melalui Google Play Store kamu dapat mengunduh dan meng-update aplikasi di TV Android. Tetapi pada Smart TV proses updatenya cukup sulit karena setiap produknya hanya di bekali satu sistem operasi tetap. Bisa di katakan jika ada update aplikasi, kamu juga harus mengganti Smart TV ke generasi yang terbaru.

5. Fitur Mirroring

Fitur mirroring pada TV Android dapat di akses dengan satu klik saja berkat kehadiran Chromecast built in. Sementara Smart TV membutuhkan kabel tambahan jika ingin menghubungkan fitur mirroring (HDMI, USB, atau VGA).

Pilih mana Android TV atau Smart TV?

Kedua jenis TV tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi sama-sama bagus.

Smart TV adalah solusi jika Anda menginginkan pengalaman menonton TV yang lebih praktis, terutama jika Anda belum pernah menggunakan perangkat Android sebelumnya. Namun, Android TV adalah pilihan yang lebih mudah untuk mengakses internet.

Fitur yang minim pada smart TV membuatnya lebih mudah di gunakan terutama untuk pemula. Di sisi lain, Android TV menawarkan beragam fitur dan aplikasi yang lebih banyak.

Apa pun pilihannya, pastikan kamu memperhatikan spesifikasi tiap produk serta anggaran yang di miliki sebelum membeli. Belilah di tempat yang terpercaya dengan jaminan garansi yang jelas.

0 Komentar