Pantai Lon Malang, Lokasi Tak Sesuai dengan Namanya! Lalu Dimana?

Pantai Lon Malang, Lokasi Tak Sesuai dengan Namanya! Lalu Dimana?
pantai lon malang: travel.indozone.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jawa Timur kaya akan wisata alamnya yang indah dan memesona. Salah satu objek wisata yang tidak pernah bosan untuk di kunjungi para wisatawan adalah pantainya.

Di Pulau Madura, terdapat pantai yang menawan hingga masuk ke dalam salah satu objek desa wisata Bira Tengah, yakni Pantai Lon Malang. Penasaran dengan daya tarik dan keindahan pantai yang berada di Sampang ini? Yuk simak ulasan singkat berikut!

1. Pantai Lon Malang merupakan salah satu yang memesona di Sampang

Pantai Lon Malang telah menjadi spot wisata sejak tahun 2017. Pada awalnya, pantai ini memiliki nama yang alay yakni Pantai Cuma Kamu. Karena banyak mendapat kritikan dari masyarakat, akhirnya nama pantai pun di ubah menjadi Lon Malang. 

Baca Juga:Tingkatkan Hiburan Kamu dengan Philips Smart TV: Inovasi Berkualitas untuk Pengalaman TerbaikSmart TV atau Android TV: Mana yang Layak Dibeli untuk Pengalaman Menonton yang Lebih Baik?

Kata Lon sendiri berasal dari kata solon, yang berarti saluran irigasi karena di sekitar air lautnya terdapat beberapa aliran air dangkal yang menjadi saluran irigasi masyarakat. Sementara malang artinya melintang. Jadi makna dari nama Pantai Lon Malang adalah tempat bermuaranya saluran irigasi yang melintang milik masyarakat.

Pantai ini memiliki pasir putih yang terasa lembut saat di injak dengan sekitar 1000 pohon cemara udang yang membuat area pantai menjadi rindang sekaligus menawan. Di pantai eksotis ini, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan saat senja yang membuat laut dan sekitarnya berwarna keemasan.

2. Pantai Lon Malang buka setiap hari dan harga tiketnya sangat terjangkau

Secara administratif, Pantai Lon Malang berlokasi di Jalan Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Pantai ini juga masuk ke dalam salah satu objek wisata di desa wisata Bira Tengah.

Pantai Lon ini bisa kamu kunjungi dan eksplor setiap hari yakni mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 17.30 pada weekday, dan pukul 07.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB pada weekend. Menariknya lagi, tiket yang di banderol untuk masuk ke pantai ini sangat murah yakni Rp. 5 ribuan saja per-orangnya.

Namun selain membayar tiket, pengunjung juga perlu membayar retribusi parkir untuk keamanan kendaraannya dengan kisaran harga Rp. 5 ribu untuk motor dan Rp. 10 ribu untuk mobil. Jadi, saat menikmati keindahan pantai kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan yang kamu bawa ke area Pantai Lon Malang.

3. Banyak aktivitas yang bisa di lakukan di Pantai Lon Malang

Pantai Lon Malang menjadi pantai yang ramah bagi wisatawan sehingga banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke tempat ini. Kamu bisa bermain air atau berenang di area pantai berpasir lembut ini, ataupun mencoba beberapa wahana permainan air seperti banana boat ataupun speed boat yang bisa kamu sewa dengan harga Rp. 200 ribuan untuk 4 orang.

Nah, buat kamu yang sedang takut untuk bermain air di pantai, di area Pantai Lon juga terdapat kolam renang, lho! Namun jika kamu sedang tidak ingin bermain air, kamu bisa mengelilingi pantai dengan menyewa ATV yang di tawarkan mulai Rp. 20 ribuan saja. Selain itu, kamu juga bisa mancing, berkuda dengan harga Rp20 riba, serta hunting foto di spot-spot menarik yang tersedia atau menikmati pemandangan dari menara gedung pandang.

Baca Juga:Huawei FreeBuds Pro: Desain Futuristik, Kualitas Suara Luar Biasa, dan Fitur Unggulan!Temukan Pilihan HP Murah Spek Tinggi Terbaik dengan Fitur Terkini dan Desain Menggoda!

Ingin menginap di area pantai sambil menikmati senja, malam dan sunset dari Pantai Lon Malang? Kamu bisa melakukannya dengan berkemah di area camping ground yang tersedia. Buat kamu yang tidak membawa alat-alat berkemah, pihak pengelola juga menyediakan persewaan tenda dan perlengkapanya.

4. Fasilitas yang tersedia di Pantai Lon Malang sangat lengkap

Tidak cukup dengan keindahan alam dan berbagai aktivitas yang menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Lon, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas yang bakal bikin liburanmu di tempat ini makin nyaman. Mulai dari area parkiran yang sangat luas sehingga kamu tidak perlu berebut tempat parkir dengan pengunjung lain meskipun suasana pantai sedang ramai.

Selain itu, terdapat pula toilet berbayar, mushola yang bisa di gunakan untuk sembahyang bagi umat muslim, serta banyak warung lesehan yang menjual kuliner seafood hingga menu makanan khas Jawa Timur. Untuk oleh-oleh keluarga di rumah, kamu juga bisa berbelanja pernak-pernik dari Pantai Lon Malang dengan mengunjungi beberapa toko souvenir.

Di Pantai Lon juga ada camping ground, kolam renang, Taman Paseser, dermaga wisata, menara pandang, panggung kesenian, permainan ATV dan banana boat. Buat pengunjung yang ingin bersantai, di bawah pohon cemara di area pantai tersedia beberapa gazebo yang terbuat dari kayu.

5. Tips berkunjung ke Pantai Lon Malang

Pantai Lon ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Sampang, Madura. Namun sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya kamu membaca beberapa tips berikut agar liburanmu sesuai harapan dan makin berkesan!

  • Lihatlah perkiraan cuaca sebelum berkunjung ke Pantai Lon, pastikan bahwa cuaca sedang cerah agar kamu bisa mengeksplor keindahan pantai semaksimal mungkin.
  • Bawalah pakaian ganti saat berkunjung, karena pakaian yang kamu kenakan akan rentan kotor ataupun terkena air.
  • Jangan lupa untuk membawa uang cash dalam jumlah yang lebih agar kamu tidak kehabisan uang saat berlibur.
  • Siapkan juga kamera dengan baterai yang full untuk mengabadikan momen terbaikmu di Pantai Lon.
  • Datanglah berkunjung saat pagi hari agar kamu semakin puas untuk mengeksplor keindahan Pantai Lon.
  • Bila mengajak anak kecil, pastikan untuk selalu mengawasi mereka dan tidak membiarkan mereka bermain di air sendirian.
  • Selalu jaga kebersihan dan jangan merusak fasilitas di area pantai saat berkunjung agar tempat wisata ini selalu terjaga.

Saat Anda berada di Sampang, Madura, Pantai Lon Malang adalah salah satu tempat yang harus di lihat. Dengan banyaknya fasilitas dan aktivitas yang tersedia di sana, Anda tidak akan menyesal jika melewatkannya.

0 Komentar