Kulit Wajah Cantik Dimulai dari Mengetahui Jenis Kulitmu: 5 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang Akan Membuatmu Terpesona!

Kulit Wajah Cantik Dimulai dari Mengetahui Jenis Kulitmu: 5 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang Akan Membuatmu Terpesona!
cara mengetahui jenis kulit wajah: hipwee.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Untuk memilih produk perawatan kulit wajah yang tepat, penting untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah yang mudah di lakukan?

Berikut ini mari kenali berbagai cara mengetahui jenis kulit wajah selengkapnya melalui pembahasan berikut ini.

Jenis Jenis Kulit Wajah

Sangat penting untuk memahami jenis kulit wajah sebelum membahas cara mengetahuinya. Pada dasarnya, ada banyak hal yang dapat memengaruhi jenis kulit wajah dan teksturnya. Faktor-faktor ini adalah:

Baca Juga:Konten Keren dengan HP Keren: Tips Memilih HP yang Tepat untuk Membuat Konten yang Mengesankan!Jangan Salah Pilih Laptop Untuk Mahasiswa: Tips Bijak Memilih Laptop yang Tepat untuk Menunjang Kesuksesan Akademik Kamu!

  • Kandungan minyak alami yang dapat memengaruhi nutrisi dan kelembutan kulit.
  • Tingkat sensitivitas atau kepekaan kulit terhadap suatu bahan kimia.
  • Kandungan air pada kulit yang dapat memengaruhi kelembapan dan elastisitas kulit.

Ingatlah bahwa berbagai kondisi, seperti genetik, perubahan hormon, dan pola makan, juga dapat memengaruhi faktor-faktor di atas. Berdasarkan faktor-faktor ini, tipe kulit wajah setiap orang dapat di kategorikan menjadi lima jenis, yaitu:

1. Kulitb Wajah Normal

Kulit wajah normal merupakan jenis kulit yang memiliki keseimbangan antara minyak alami (sebum) dan kandungan air pada kulit wajah. Tipe kulit wajah ini biasanya jarang mengalami masalah kulit, seperti jerawat atau komedo, sehingga perawatannya cenderung lebih mudah.

2. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak adalah tipe kulit wajah yang cenderung licin dan terlihat mengilap akibat produksi sebum atau minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Sebetulnya, sebum tersebut berfungsi untuk melindungi serta melembapkan kulit. Namun, jika terdapat produksi sebum secara berlebihan, hal tersebut justru berisiko menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga rentan menimbulkan jerawat.

3. Kulit Wajah Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit wajah yang di tandai dengan rendahnya tingkat kelembapan dan elastisitas kulit. Kondisi ini biasanya menyebabkan kulit tampak kusam, kasar, dan mudah pecah-pecah. Tipe kulit wajah kering juga cenderung lebih mudah mengalami iritasi yang di tandai dengan rasa gatal, bersisik, serta kulit kemerahan.

4. Kulit Wajah Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit wajah yang sangat peka dan mudah mengalami iritasi, seperti kulit mengelupas, terasa perih dan gatal, kering, serta kemerahan. Kondisi ini biasanya dapat di picu oleh makanan yang di konsumsi, faktor lingkungan, atau penggunaan produk kosmetik tertentu.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Terdapat sejumlah cara mengenali jenis kulit wajah yang bisa di lakukan dengan mudah, mulai dari memperhatikan tekstur kulit, menggunakan tisu, tape test, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memperhatikan Tekstur Kulit Wajah

Cara mengetahui jenis kulit wajah yang pertama adalah dengan memperhatikan tekstur kulit wajah sepanjang hari. Cara ini dapat di lakukan dengan membersihkan wajah di pagi hari. Keringkan kulit wajah dengan tisu atau handuk bersih, lalu diam kan kulit sepanjang hari tanpa menggunakan produk perawatan kulit apapun.

Baca Juga:6 Manfaat Luar Biasa Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan dan Kebahagiaan KamuRahasia Kecantikan Terungkap: 4 Resep Masker Wajah Alami yang Mudah Dibuat dan Ampuh untuk Kulit Glowing!

Setelah itu, perhatikanlah tekstur kulit di penghujung hari untuk mengetahui tipe kulit wajah. Hal tersebut dapat di lihat melalui beberapa faktor, yaitu:

  • Kulit normal akan terasa lembut, tidak kering dan berminyak. serta tidak terdapat gejala iritasi.
  • Kulit berminyak akan terasa lengket, terlihat berkilai, basah, dan mengilap, serta pori-pori kulit besar dan jelas.
  • Kulit kering akan terlihat kencang, mengelupas, pori-pori mudah terlihat karena kelembapan kulit rendah, dan permukaan terasa kasar saat di sentuh.
  • Kulit kombinasi akan terlihat berminyak di sekitar hidung, dahi, dan dagu, namun kulit di area pipi terasa kering.
  • Kulit sensitif akan terasa gatal, perih, kemerahan, dan meradang.

2. Menggunakan Tisu atau Kertas Minyak

Cara mengetahui jenis kulit wajah berikutnya adalah dengan menggunakan tisu atau kertas minyak. Cara melakukannya pun terbilang mudah, cukup lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan wajah dengan produk pembersih wajah yang berbahan lembut.
  • Setelah selesai di bersihkan, diam kan kulit wajah selama 3 jam tanpa menggunakan produk perawatan kulit wajah.
  • Setelah 3 jam berlalu, tempelkan tisu atau kertas minyak pada wajah, lalu diam kan selama beberapa menit.
  • Perhatikan tekstur dan kondisi kulit wajah, serta lihat tisu atau kertas minyak untuk mengetahui tipenya.

Adapun indikator yang dapat di perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kulit wajah normal: Hanya terdapat sedikit noda minyak pada tisu/kertas minyak.
  • Kulit wajah berminyak: Terdapat banyak noda minyak pada tisu/kertas minyak.
  • Kulit wajah kering: Tidak terdapat noda minyak atau tisu/minyak tidak menempel pada wajah.
  • Kulit wajah kombinasi: Terdapat noda minyak di area dahi, hidung dan dagu, namun tidak di temukan noda minyak pada bagian bagian wajah lainnya.

Namun, perlu di ketahui bahwa cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu atau kertas minyak ini tidak dapat di gunakan untuk mengenali jenis kulit wajah sensitif.

3. Tape Test

Tape test adalah tes untuk mengetahui jenis kulit wajah dengan menggunakan tape atau selotip. Adapun langkah-langkah melakukan tape test untuk mengetahui jenis kulit wajah adalah sebagai berikut:

  • Bersih wajah dengan sabun atau pembersih wajah yang berbahan lebut.
  • Keringkan wajah dengan tisu atau handuk yang bersih.
  • Diam kan kulit wajah selama 20 menit tanpa menggunakan pelembap atau produk perawatan kulit wajah lainnya.
  • Siapkan selotop bening.
  • Tempelkan selotip tersebut pada wajah, danun telinga, dan atas pangkaj hidung. Lalu, diam kan selama 3 menit.
  • Lepaskan selotip dan perhatikan bagian yang terasa lengket untuk mennggunakan jenis kulit wajah.

4. Mencubit Kulit Wajah secara Perlahan

Mencubit kulit wajah secara perlahan merupakan salah satu cara mengetahui jenis kulit wajah yang dapat di lakukan dengan mudah. Cara ini dapat di lakukan untuk memeriksa kekenyalan kulit yang dapat membedakan tipe kulit kering, normal ataupun berminyak.

Bila memiliki tipe kulit wajah kering, kulit wajah cenderung tidak kembali seperti semula setelah di cubit. Hal ini dapat terjadi karena kulit kekurangan minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit.

Itu dia sejumlah cara mengetahui jenis kulit wajah yang dapat di lakukan dengan mudah. Jika ingin mengetahui jenis kulit wajah yang tepat.

0 Komentar