Jalan jalan ke cirebon jangan lupa makanan makanan khas cirebon ya,Aja Klalen !

Jalan jalan ke cirebon jangan lupa makanan makanan khas cirebon ya,Aja Klalen !
Jalan jalan ke cirebon jangan lupa makanan makanan khas cirebon ya,Aja Klalen !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-Cirebon adalah kota pelabuhan yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang memiliki makanan khas cirebon Kota ini terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tempat-tempat bersejarah di Cirebon antara lain adalah Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan. Sedangkan kekayaan budaya meliputi seni dan karya seperti batik dengan corak khas Cirebon, tari topeng, wayang golek, dan lukisan kaca.

Cirebon juga memiliki kuliner lokal yang tak kalah menarik. Menikmati makanan khas Cirebon merupakan salah satu kegiatan wisata yang wajib bagi para wisatawan saat berkunjung ke Cirebon.

Baca Juga:enaknya mie get pass banget buat jualan,dijamin murah dan dapat untung banyak !Pusing Cari Ide Buat Jualan ?? Jualan ubi lapis goreng Saja !Yuk Liat Resepnya Di sini !

Kegiatan wisata yang berhubungan dengan makanan dan minuman ini di kenal dengan wisata kuliner. Dalam beberapa tahun terakhir, wisata kuliner mengalami perkembangan yang pesat dalam industri pariwisata saat ini.

Ada banyak makanan khas Cirebon yang dapat Anda nikmati saat berkunjung, berikut pembahasannya.

1. Nasi Jamblang Nasi jamblang, atau biasa disebut Sega Jamblang oleh orang asli Cirebon.

adalah makanan khas yang berasal dari salah satu desa di Cirebon yang bernama Desa Jamblang, karena itulah makanan ini disebut nasi jamblang.

Nasi jamblang adalah salah satu makanan khas Cirebon yang awalnya di sajikan untuk para pekerja paksa yang membangun Jalan Raya Pos dari Anyer hingga Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon pada zaman pemerintahan Belanda.

Uniknya, nasi jamblang di bungkus dengan daun jati. Nasi jamblang biasanya di lengkapi dengan lauk pauk yang di sajikan secara prasmanan seperti telur dadar, sambal goreng, tahu, tempe, semur tahu, paru-paru sapi, ayam, perkedel, sate kentang, telur puyuh, semur hati, telur goreng, semur ikan, dan masih banyak lagi.

2. Empal Gentong Empal gentong adalah sup tradisional yang berasal dari Cirebon.

Sup ini di masak dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahan empal gentong adalah kombinasi

Baca Juga:Nikmatin Sedap Nya resep tom yam ayam Yang Bikin Anak Anak Suka Bunda !3 Ramuan teh penurun gula darah Yang Wajib anda Coba Minum Nih Bapak Atau Ibu.

daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut.

Ada banyak variasi empal gentong sehingga versi lain bahannya mungkin berbeda. Cara pembuatan empal gentong di awali dengan daging yang di rebus perlahan dalam kuah hingga daging menjadi empuk dan mulai hancur.

Sebelum di sajikan, empal gentong di hiasi dengan daun bawang (kuchai) sehingga memberikan rasa tambahan pada empal gentong.

3. Mie Koclok Mie koclok adalah mie ayam khas Cirebon. Mie di sajikan dengan kuah kental hampir mirip bubur. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam dan kuah santan yang di kentalkan dengan tepung jagung atau tapioka.

Bahan-bahan mie koclok adalah dada ayam suwir, kol, tauge, telur rebus, air jeruk purut, taburan irisan seledri segar, daun bawang, dan bawang merah goreng.

Dalam dialek Cirebon istilah koclok berarti “kocok” yang mengacu pada metode melunakkan dan memasak mie dengan mengocok mie yang di tempatkan dalam wadah timah berpori sembari di rebus dalam air panas.

0 Komentar