5 Tarian Khas Cirebon Ekspresi Budaya yang Memukau

5 Tarian Khas Cirebon Ekspresi Budaya yang Memukau
tarian khas cirebon/foto:https://www.kompasiana.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Tarian Khas Cirebon menggambarkan keindahan, keanggunan, dan kelembutan gerakan yang khas, serta keanekaragaman kostum yang memikat. Salah satu tarian yang paling terkenal adalah Tari Topeng Cirebon, yang menggunakan topeng tradisional untuk menggambarkan berbagai karakter seperti raja, prajurit, dan tokoh-tokoh legendaris. Topeng-topeng ini sering kali dipercayai memiliki kekuatan spiritual yang melindungi penari dan menghadirkan karakter yang mereka perankan.

Berikut ragam jenis tari Topeng Cirebon, yang kini mulai langka:

1. Tari Topeng Panji

2. Tari Topeng Samba

Jenis tarian ini melambangkan perkembangan balita atau kelincahan manusia pada masa kanak-kanak. Gerakannya mulai genit, lincah, dan lucu. Namun, kurang luwes atau masih ragu. Wujud topengnya sudah mulai ada goresan dengan warna pink keputihan. Untuk kostum sendiri berwarna hijau daun.

3. Tari Topeng Rumyang

Tari topeng ini punya ukiran sederhana, dengan warna dasar merah muda. Tarian ini memiliki makna remaja yang sudah mulai mencari jati dirinya. Akan terlihat dari gerakannya yang “labil”, dengan pengulangan-pengulangan.

Baca Juga:Cara Riset Keyword Potensial Untuk Pemain AdsenseWisata Cirebon Menikmati Pesona Budaya dan Sejarah di Kota Kejayaan

4. Tari Topeng Tumenggung

Tarian ini menggambarkan manusia yang sudah menginjak dewasa dan telah menemukan jati dirinya. Sikapnya tegas, berkepribadian, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa korsa yang paripurna. Topengnya berkumis, dengan banyak guratan yang berwibawa. Kostum penari berwarna hitam, yang bisa bijak menyesuaikan dengan warna mana pun, seperti makna sikapnya. Dalam struktur kerajaan, tumenggung merupakan patih atau panglima perang.

5. Tari Topeng Kelana

Memiliki ukiran topeng yang paling rumit. Selain itu, banyak ikatan di atas topeng. Topeng dan kostum penari berwarna merah. Tariannya agresif dan enerjik karena merupakan akumulasi gerakan dari semua tari topeng tadi. Tari

0 Komentar