Simak Baik-baik! Ini Dia 10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Airlangga

Universitas Airlangga/Kabar24
Universitas Airlangga/Kabar24
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Universitas Airlangga, yang berlokasi di kota Surabaya, Indonesia, telah menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di negara ini.

Universitas ini di dirikan pada tahun 1954 dan sejak itu telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam berbagai bidang.

Dengan berbagai fakultas dan program studi yang berkualitas, Universitas Airlangga telah memberikan lulusan unggulan di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Baca Juga:Berikut Fakta Dari Mahasiswa Kedokteran Unair yang Meninggal di Dalam MobilTerkesan Dingin dan Cuek, Ternyata Ini Alasan Sasuke Memilih Sakura untuk Menjadi Istrinya

Selain itu, universitas ini juga aktif dalam penelitian, dengan berbagai pusat penelitian yang berfokus pada isu-isu global.

Tidak hanya dalam lingkup nasional, Universitas Airlangga juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dan lembaga internasional, yang memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman belajar dan riset yang beragam di seluruh dunia.

Selain prestasi akademis, Universitas Airlangga juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial, budaya, dan olahraga.

Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang beragam dan mendukung perkembangan seluruh aspek kehidupan mahasiswa.

Dengan sejarah prestasi yang panjang, Universitas Airlangga terus menjadi pusat pendidikan unggulan yang berkontribusi pada kemajuan masyarakat dan bangsa.

10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Airlangga

1. Kedokteran

Pelayanan kesehatan Unair sudah sangat terkenal hingga ke pelosok tanah air. Kementerian ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh besar di bidang kedokteran sejak masa Hindia Belanda. Maka tak heran jika banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan ini. Di tahun 2021 ini, jurusan ini kembali di incar oleh banyak mahasiswa. Pada SBMPTN tahun lalu, tercatat mata kuliah ini menarik 2.146 peserta.

2. Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat merupakan salah satu jurusan yang di minati banyak orang. Di kampus Unair, jurusan kesehatan masyarakat termasuk jurusan yang paling banyak di cari. Tak heran, dari tahun ke tahun ribuan peserta memenuhi kuota pendaftaran kampus ini. Tercatat sebanyak 1.623 calon mahasiswa mendaftar melalui jalur SBMPTN. Sedangkan kuotanya hanya 72 kursi.

Baca Juga:Siapa Pengisi Suara Pada Anime Naruto? Ternyata Pengisi Suara Naruto Perempuan Loh!Kapan Naruto dan Hinata Mulai Berkencan? Ternyata Ini Saat-saat Mereka Mulai Menyadarinya

3. Farmasi

Selain kesehatan masyarakat, jurusan yang paling banyak di cari adalah farmasi. Lulusan di jamin memiliki kompetensi unggul di bidangnya. Nah, departemen farmasi di Unair juga termasuk salah satu departemen yang banyak terlibat lho. Pada tahun 2020, jumlah peminat pada jurusan ini mencapai 1.844, sedangkan pada tahun ini SBMPTN hanya menawarkan 75.

4. Kedokteran Gigi

Salah satu jurusan kedokteran yang banyak di minati di kampus Unair adalah jurusan kedokteran gigi. Sebagai informasi, sama seperti layanan kesehatan, layanan kesehatan gigi di Unair merupakan layanan yang di ciptakan pada masa penjajahan Belanda sehingga tidak ada alasan untuk meragukan kualitasnya. Hal inilah yang membuat banyak calon mahasiswa ingin terjun ke industri ini. Pada tahun 2020, tidak kurang dari 1.022 mahasiswa yang menyelesaikan jurusan ini.

5. Keperawatan

Selain jurusan kedokteran, jurusan lain yang juga banyak di minati di kampus Unair adalah keperawatan. Tahun ini Unair hanya menyediakan 69 kursi untuk kategori SBMPTN. Namun pada tahun 2020, peminat jurusan tersebut berjumlah 1.214 orang.

6. Manajemen

Di bidang kemasyarakatan dan kemanusian, terdapat mata kuliah manajemen yang banyak di minati oleh banyak orang. Mata kuliah milik Fakultas Ekonomi Bisnis ini merupakan salah satu mata kuliah dengan 1.832 calon peserta ujian SBMPTN 2020.

7. Psikologi 

Jurusan psikologi di kampus Unair rupanya juga banyak di minati peminatnya lho. Divisi ini memiliki 1.993 peminat pada SBMPTN 2020. Sementara, tersisa 72 tempat.

8. Akuntansi

Bagi Anda yang menyukai akuntansi, jurusan ini juga bisa menjadi pilihan. Namun siapa sangka kekhususan ini ternyata banyak di minati oleh banyak peserta SBMPTN. Peserta SBMPTN yang memperebutkan kuota SBMPTN berjumlah 1.171 orang.

9. Ilmu Hukum

Selain jurusan Fakultas Ekonomi dan Perdagangan, jurusan yang paling banyak di minati adalah hukum. Hanya ada 90 kuota untuk jurusan ini tahun ini. Namun jika di lihat pada SBMPTN 2020, jumlah peminatnya mencapai 1.455 orang.

10. Ilmu Komunikasi

Oleh karena itu, jurusan yang paling di minati di Unair adalah ilmu komunikasi. Jurusan ini memiliki peminat yang cukup banyak, yakni mencapai 1.137 orang pada SBMPTN 2020. Sementara, kuota SBMPTN tahun ini di harapkan hanya 45 kursi.

0 Komentar