Peringati Hari Jadi Ke 523 Desa Bayalangu Kidul 

0 Komentar

Pemerintah Desa Bayalangu Kidul Kabupaten Cirebon, menggelar hari jadi ke 523. Perayaan hari jadi yang perdana, dilakukan dengan mengekspos beragam kesenian dan budaya daerah.

Pemerintah Desa Bayalangu Kidul Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, untuk pertama kalinya memperingati hari jadi desa yang ke 523. Beragam kegiatan dilaksanakan dengan penuh antusias oleh masyarakat di Desa Bayalangu Kidul.

Diinisiasi oleh Kuwu Desa Bayalangu Kidul Sugiarto, peringatan hari jadi desa ini dilaksanakan dengan mengusung beragam kesenian, budaya, serta adat istiadat yang kental. Bahkan, perayaan hari jadi dilakukan selama lebih dari satu pekan dengan menghadirkan banyak acara, diantaranya memberikan ruang bagi UMKM untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:Kodim 0620 Kab. Cirebon Gelar BSMSS Di Desa SarabauAneka Cabe, Bawang, Dan Telur Naik Lagi

Tahlil ke makam buyut Bayalangu Kidul juga dilakukan oleh pemerintah desa dengan cara mider jimat berkeliling kampung, agar masyarakat bisa memahami sejarah berdirinya Desa Bayalangu Kidul. Tradisi yang kental ini menjadi kekayaan tersendiri, dan Kuwu Desa Bayalangu Kidul berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan daerah disetiap perayaan hari jadi.

Sementara, menurut panitia penyelenggara hari jadi Desa Bayalangu Kidul, beragam kesenian seperti brai, genjring, rudat, pencak silat, dan pagelaran wayang kulit dihelat dengan meriah dan disambut tingginya animo masyarakat.

Pemerintah Desa Bayalangu Kidul juga sekaligus ngaji sejarah dengan harapan masyarakat terutama generasi muda, bisa memahami sejarah desa. Kegiatan ini pun akan dijadikan agenda rutin bahkan masuk dalam kalender tahunan Pemerintah Desa Bayalangu Kidul

0 Komentar