Transformasi Kulitmu Dimulai dari Sini: Jenis Masker Wajah yang Akan Membuat Kulitmu Terlihat Lebih Sehat, Glowing, dan Cantik!

Transformasi Kulitmu Dimulai dari Sini: Jenis Masker Wajah yang Akan Membuat Kulitmu Terlihat Lebih Sehat, Glowing, dan Cantik!
jenis masker wajah: cosmopolitan.co.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Maraknya berbagai produk skincare membuat konsumen punya banyak pilihan yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang paling di cari adalah jenis masker wajah.

Maraknya berbagai produk skincare membuat konsumen punya banyak pilihan yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang paling di cari adalah jenis masker wajah.

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit

Terdapat berbagai jenis masker wajah dengan bentuk dan cara pemakaian yang beragam. Berdasarkan buku berjudul All About Skincare (2020), menggunakan masker wajah tetap harus di sesuaikan dengan kondisi kulit. Berikut ini adalah berbagai jenis masker yang sering di gunakan.

Baca Juga:Jangan Salah Pilih: Tips Membeli Charger HP yang Tepat untuk Memaksimalkan Performa Baterai!Terobosan HP Baru Rilis 2023, Ada Juga dari Berbagai Brand

1. Sheet Mask

Sheet mask adalah jenis masker yang berbentuk seperti lembaran tissue atau kapas dengan lubang untuk mata, hidung, dan bibir. Masker jenis ini lebih cocok di gunakan pada tipe kulit kering.

Masker ini bisa di gunakan setelah membersihkan wajah, lalu tempelkan sesuai bentuk wajah. Cairan yang tersisa di dalam bungkus sheet mask bisa di aplikasikan di bagian leher. Efek yang ingin di capai dari penggunaan masker ini adalah melembabkan kulit wajah.

2. Clay Mask

Clay mask merupakan masker dengan bahan dasar tanah liat, sehingga kandungan yang di tonjolkannya berupa mineral seperti bentonite atau kaolin.

Dalam pengaplikasiannya, masker ini di gunakan setelah membersihkan wajah selama 15 hingga 20 menit. Setelah masker mengering, bisa di lakukan pembilasan wajah dengan bantuan sponge atau handuk hangat.

Clay mask cocok di gunakan oleh jenis kulit berminyak untuk membersihkan komedo, mengeringkn jerawat, serta mengangkat sel kulit mati.

3. Mud Mask

Mud mask merupakan masker yang berbahan dasar lumpur vulkanis atau lumpur laut, sehingga juga akan mengandung banyak mineral. Beda antara Mud mask dengan clay amsk adalah kandungan air yang lebih banyak pada mud mask.

Kandungan air tersebut membuat mud mask berfungsi untuk menghidrasi kulit atau melembabkan kulit.

Baca Juga:Cara Mengatasai Masalah yang Terjadi Jika Penyimpanan Smartphone PenuhMenikmati Keindahan Alam Sumatera Barat: 6 Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi!

4. Peel off Mask

Masker peel off dapaat berbentuk krim atau gel. Setelah di aplikasikan pada wajah, krim atau gel tersebut akan menjadi kering dan elastis sehingga mudah untuk di bersihkan.

Fungsi masker ini cukup beragam sesuai dengan bahan yang di kandungnya, seperti untuk mengangkat komedo dan juga sel kulit mati.

5. Wash off Mask

Jenis masker ini dapat berbentuk gel, krim, atau bubuk. Jika berbentuk bubuk, masker tersebut membutuhkan air sebagai pelarut. Setelah di aplikasikan pada wajah yang telah di bersihkan, masker akan mengering selama sekitar 16 menit.

Fungsi dari masker ini juga sangat beragam bergantung pada bahan yang di kandungnya.

6. Sleeping Mask

Sleeping mask adalah masker yang di gunakan selama sepanjang malam. Masker ini dapat bertekstur seperti gel atau krim. Cara pengaplikasiannya cukup simpel, yaitu hanya dengan mengoleskan pada wajah secara merata seperti menggunakan pelembab.

Pada umumnya, fungsi dari masker ini adalah untuk menghidrasi kulit, mengatasi kulit kusam, atau meremajakan kulit.

7. Exfoliating Mask

Masker ini rata-rata bisa di gunakan oleh semua jenis kulit. Namun tidak di sarankan untuk menggunakannya secara sering. Penggunaan sebanyak satu kali dalam seminggu sudah di rasa cukup memberikan efek yang baik bagi kulit wajah.

Fungsi utama dari masker ini adalah untuk menghilangkan sel kulit mati serta kotoran yang menyumbat pori sehingga membuat wajah lebih cerah dan bersih. Setelah penggunaan masker jenis ini, harus di ikuti dengan pengaplikasian pelembab.

8. Cream Mask

Ini merupakanjenis masker yang cocok untuk jenis kulit normal hingga kering. Fungsi dari cream mask ini adalah untuk menghidrasi dan memberikan kelembapan secara mendalam, sehingga berefek pada meningkatnya kekenyalan kulit.

9. Gel Mask

Seperti namanya, gel mask memiliki konsentrasi gel, sehingga cocok untuk digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif dan kering karena gel memiliki kandungan air yang tinggi. biasanya masker ni memiliki kandungan antioksidan serta kolagen yang berlimpah.

Selain itu, ini merupakan masker yang bisa berfungsi untuk menenangkan kulit secara cepat.

10. DIY Mask

Yang terakhir adalah do it yourself “DIY” mask. Ini adalah masker dengan alami yang bisa di buat dengan bahan yang ada di rumah. Bahan yang biasa di gunakan untuk masker ini adalah madu, lidah buaya, aneka jenis buah lain, yoghurt atau kefir, maupun minyak kelapa.

Fungsi yang di hasilkan akan beragam sesuai bahan yang di gunakan.

Itulah ulasan mengenai jenis dan fungsi masker wajah untuk kesehatan kulit. Setiap jenis masker di tujukan untuk memberikan hasil yang berbeda. Penggunaan jenis masker wajah bisa di seseuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

0 Komentar