Semakin Semangat Dengan Program Merdeka Belajar,Yuk Belajar Sekarang Juga Les go

Semakin Semangat Dengan Program Merdeka Belajar,Yuk Belajar Sekarang Juga Les go
Semakin Semangat Dengan Program Merdeka Belajar,Yuk Belajar Sekarang Juga Les go
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- merdeka belajar adalah suatu program pemerintah yang baru baru di wujudkan oleh kemendibud,dan banyak orang yang menayakan Apa itu Merdeka Belajar?.

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang di gagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya untuk bebas berpikir dan berekspresi.

Istilah Merdeka Belajar ini cukup populer setelah Kemendikbud meluncurkan kurikulum pendidikan yang baru, yaitu Kurikulum Merdeka pada Februari 2022 lalu.

Baca Juga:Nikmatin Hari Weekend Mu Dengan Mencoba Hal Baru,Yuk Coba Resep Nikmat Dim sum Ayam !Tidak Di Sangka Sudah 5 Generasi Honda Beat Dipasaran,Ini Dia Tipe Tipe Motor Honda Beat Dari Generasi Ke Generasi !

Apa tujuan Merdeka Belajar? Bagaimana konsep Merdeka Belajar ini? Apa saja komponen yang dapat mempengaruhi kesuksesan program baru dari Kemendikbud ini? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan di bawah ini.

Pengertian Merdeka Belajar

Istilah Merdeka Belajar tentu sudah tidak asing lagi di telinga Bapak dan Ibu guru. Sebab, istilah ini sudah sering di perbincangkan setelah Kemendikbud memperkenalkan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka sebagai pengganti Kurikulum 2013.

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang di gagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar.

Di katakan merdeka dalam belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi. Jadi, bukan berarti siswa tidak perlu belajar lagi, ya.

Dengan adanya program Merdeka Belajar ini, pemerintah berharap dapat menghadirkan pendidikan yang bermutu tinggi bagi semua peserta didik di Indonesia.

Tujuan Merdeka Belajar

Selain menghadirkan pendidikan yang bermutu tinggi, program Merdeka Belajar juga memiliki tujuan lain. Adapun tujuan Merdeka Belajar adalah sebagai berikut.

  • Membangun suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi guru dan siswa.
  • Memberikan keleluasaan pada sekolah dalam mengadakan penilaian dan penerapan kurikulum sesuai dengan kondisi sekitar.
  • Memenuhi kebutuhan peningkatan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.
  • Menciptakan peserta didik yang berjiwa merdeka, serta tidak merasa di kekang oleh ketentuan dan peraturan dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan potensi dan kemampuan diri masing-masing.
  • Mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Konsep Merdeka Belajar

Konsep Merdeka Belajar yang di gagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini sebenarnya terinspirasi dari konsep Merdeka Belajar Ki Hajar Dewantara. Menurut Bapak Pendidikan Indonesia ini, pendidikan adalah serangkaian proses untuk memanusiakan manusia.

Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara juga di dasarkan pada dasar kemerdekaan yang di kenal dengan istilah sistem among, yaitu melarang adanya hukuman dan paksaan pada peserta didik karena hal tersebut dapat mematikan jiwa merdeka dan kreativitas mereka.

Baca Juga:Spesifiasi Handphone Samsung A03 Beserta Harganya ,Yuk Cek Disini Sekarang !Wow Penelitian Menyatakan Ternyata Kandungan Gizi Buah Tomat Memberikan Manpaat Bagi Kesehatan Yang Cukup Tinggi !liat Disini Ya.

Dari konsep Mereka Belajar Ki Hajar Dewantara inilah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim akhirnya mencanangkan konsep Merdeka Belajar sebagai program kebijakan baru Kemendikbud.

Dengan adanya konsep Merdeka Belajar ini, baik guru maupun siswa di harapkan memiliki jiwa yang bebas dalam hal mengembangkan dan mengeksplorasi potensi, bakat, dan kemampuan diri sendiri tanpa terkekang oleh aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pembelajaran.

itu dia sedikit penjelasan mengenai merdeka belajar,yang bisa menjadi kita semangat belajar.

0 Komentar