Jelang Natal Harga Sembako Mulai Naik 

0 Komentar

Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Brebes, terpantau naik menjelang Natal dan tahun baru 2024. Kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga antara lain telur, gula pasir dan beras.

Kenaikan harga bahan pokok ini sudah mulai terjadi sejak tiga hari lalu, seperti pantauan di pasar belakang Kodim Brebes, Selasa pagi, harga telur ayam yang sebelumnya dijual Rp. 26 ribu perkilogram, naik Rp. 2 ribu perkilogram menjadi Rp. 28 ribu perkilogram.

Selain telur ayam, harga bahan pokok lain yang mengalami kenaikan yakni gula pasir dan beras, gula pasir naik menjadi Rp. 17.500 perkilogram, dari sebelumnya Rp. 15 ribu perkilogram.

Baca Juga:Angka Minat Baca Di Kab. Cirebon Masih RendahDinas Perpustakaan Gelar Lomba Duta Baca Daerah 

Sementara harga beras juga mengalami kenaikan, beras jenis medium misalnya yang sebelumnya Rp. 13 ribu perkilogram menjadi Rp. 14 ribu perkilogram. Sedangkan beras premium naik Rp. 15 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp. 14 ribu perkilogram.

Pedagang sembako di pasar belakang Kodim Brebes, Munif, mengatakan, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti telur ayam, gula pasir dan beras sudah terjadi sejak tiga hari lalu.

Menurutnya, akibat dari kenaikan harga kebutuhan pokok ini, daya beli masyarakat menurun yang berdampak menurunnya omzet penjualan hingga 20 persen.

Salah seorang pembeli, Sulistio, mengeluhkan harga telur yang naik terus setiap harinya, melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok seperti telur ayam, memaksa dirinya mengurangi jumlah pembelian yang biasanya membeli telur 5 kilogram, untuk kebutuhan seminggu, kini hanya satu kilogram saja.

Pedagang, dan pembeli berharap pemerintah dapat menstabilisasikan harga kebutuhan pokok agar menjelang Natal dan tahun baru harga kebutuhan pokok tidak melonjak

0 Komentar