DISARPUS Sukses Adakan Pemilihan Duta Baca Kab.Cirebon 2024 : Ini Dia Juaranya

DISARPUS Sukses Adakan Pemilihan Duta Baca Kab.Cirebon 2024 : Ini Dia Juaranya
Sumber : Dok. DISARPUS
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pada tanggal 21 November 2023, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab.Cirebon telah mengadakan pemilihan Duta Baca Kab.Cirebon 2024. Agenda ini merupakan salah satu ajang pencarian seorang yang bisa menjadi role model untuk menarik minat baca khususnya di Kab.Cirebon.

Acara ini merupakan puncak dari seluruh proses seleksi pemilihan Duta Baca Kab.Cirebon yang di selenggarakan secara terbuka untuk siswa SMA dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi. Para finalist yang berjumlah 22 orang itu merupakan peserta terpilih dari banyaknya pendaftar.

Di Sambut Oleh Tarian Daerah

Sumber: Dokumentasi DISARPUS

Pada pagelaran pemilihan Duta Baca yang di selenggarakan di Aula Asrama Haji Watu Belah, acara di mulai dengan adanya Tari Daerah Jaipong. Ada juga opening dance khusus dari para finalist yang membuat para audience terkagum-kagum. Opening dance tersebut tentunya memasukan unsur budaya dari tarian Cirebon dan Jawa Barat, dimana hal ini sebagai bentuk implementasi dari 6 literasi dasar yakni “literasi budaya”.

Baca Juga:Saatnya Beralih Ke Kendaraan Listrik ! Ini Dia Rekomendasi Motor Listrik Yang Harganya MurahFakta Menarik ! Ini Dia Beberapa Hewan Terpintar di Dunia

Tarian tersebut di iringi dengan lagu warung pojok, menjadi salah satu pusat perhatian para penonton dan tamu undangan. Pasalnya lagu warung pojok merupakan salah satu lagu daerah paling populer di Cirebon.

Antusias Supporter Yang Tinggi

Dokumetasi : DISARPUS

Para finalist di tantang untuk memaparkan program literasinya di depan para juri dan penonton secara terbuka. Banyak suporter dari sekolah dan perguruan tinggi. Salah satunya adalah dari SMAN 1 Sumber, SMAN 1 Beber dengan pakaian batiknya yang khas. Dan juga dari Kampus IPB Invada Cirebon dengan sorak teriak yang ramai menyemangati temannya saat presentasi.

Juara-juara Duta Baca Kab.Cirebon 2024

Sumber: Dok. DISARPUS

Setelah di saring menjadi 22 finalis, dan memaparkan presentasi di depan dewan juri. Akhiranya terpilih 5 besar dari Putra dan Putri. Kemudian pertanyaan di lontarkan oleh dewan juri seputar program yang di miliki oleh finalis atau inovasi program duta baca. Ada juga beberapa pertanyaan yang spontan dari dewan juri.

Dari 5 Besar tersebut di ambilah 3 besar terbaik yakni sebagai berikut:

Kategori Putera

Juara 1 di raih oleh Imam Syarifudin Syah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon), selanjutnya Juara 2 : Fadlih Abdul Hakim (IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Kemudian untuk Juara 3 yakni Fadhilah Salman Zaidan (SMAN 1 Plumbon) Selanjutnya Juara Favorit : Taufik Fajar Ikhsan Amali dari SMAN1 Babakan.

Kategori Puteri

Juara 1 di menangkan oleh Maritza Putri Nadia (IPB Invada Cirebon). Kemudian Juara 2 : Fatina Rizka Sahila (Universitas Swadaya Gunung Jati) dan Juara 3 : Zihrol Nur Aliyah (SMAN 1 Jamblang). Selanjutnya Juara Favorit yakni Farah Fadila dari SMAN 1 Sumber.

Tentunya acara berlangsung dengan lancar atas dukungan dari beberapa sponsor seperti: Bank BJB, Alfamart, Gramedia, Indomaret, Hilo, Wardah, Indocement Tiga Roda, Tirta Jati, deepublish, Nabati, Rumah Sakit Plumbon, dan PT Niaga Garam Cemerlang.

0 Komentar