Tak Juara Tak Apa Tapi Pengalaman Lebih Berharga | Duta Baca Jawa Barat 2023

Tak Juara Tak Apa Tapi Pengalaman Lebih Berharga | Duta Baca Jawa Barat 2023
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sudah seminggu perhelatan ajang Pemilihan Duta Baca Jawa Barat tahun 2023 sudah di gelar di Bandung. Nauval salah satu perwakilan dari Kab. Cirebon masuk Top 15 “tak juara tak apa” akan tetapi pengalaman lebih berharga.

Ajang pemilihan Duta Baca merupakan ajang yang di laksana kan setiap setahun sekali oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Jawa Barat. Ajang ini di lakukan guna mencari sosok inspiratif yang bisa menginspirasi masyarakat dan anak-anak untuk gemar membaca.

Pemilihan Duta Baca jawa Barat tahun 2023 di laksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 14-15 Maret 2023 kemarin di Graha Pena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung.

Baca Juga:Eranya Nge-BEAT ! Ini Dia Daftar New Honda Beat 2023 TerbaruBerapa Sih Harga Terupdate Honda Beat Tahun 2023?

Selanjutnya ajang ini di ikuti oleh seluruh perwakilan Putra dan Putri daerah dari 27 Kab/Kota dari Provinsi Jawa Barat. Salah satu nya yakni Muhammad Nauval, asal dari Kec. Waled Kabupaten Cirebon menjadi salah satu perwakilan yang di rekomendasikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Cirebon. Kemudian Bapak Drs. H. Abdulah Subandi, M.Si selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memberikan dukungan dan support kepada Nauval dan Aminatus Sholihah untuk maju ke tingkat Provinsi dalam ajang pemilihan Duta Baca Provinsi Jawa Barat 2023.

Pengalaman Lebih Berharga

Sudah pasti dalam sebuah ajang perlombaan ada yang menang ada yang kalah, namun hal tersebut sangatlah normal dan sudah biasa. Karena pada dasarnya semua peserta sudah menjadi Juara. Juara 1 2 3 itu cuma angka dan bonus saja. Lebih dari itu ada amanah yang lebih penting yang harus di selesaikan oleh seorang Duta Baca.

Nauval mengaku alasan mengikuti ajang ini tidak berfokus harus juara, namun ia memiliki niat untuk mencari pengalaman di karenakan banyak sekali relasi yang bisa di dapatkan.

Ketika berpamitan, ia bilang ke Ibunya “mah, do’akan saja yang terbaik” sambil mencium dan memeluknya. Lalu ibunya memberikan restu dan semangat agar di kuatkan dan di sehatkan selama di Bandung.

Selanjutnya ketika pengumuman pun sampai ke Grand final Top 5 besar, Nauval sangat lapang dada karena banyak sekali yang lebih layak dari dirinya untuk menjadi juara. Karena pada saat itu, ada beberapa aspek penilaian dari dewan juri.

Nauval mengaku ketika mengikuti ajang Pemilihan Duta Baca ini modal nekat dan atas kemauan sendiri, lantaran di Kab. Cirebon belum ada pemilihan secara terbuka untuk menjadi seorang Duta Baca Kab. Cirebon. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat Nauval karena ia mau mencoba dan mau belajar. Kemudian, ia mempersipakan hanya dalam kurun waktu 1 bulan saja. Diantaranya pemberkasan, foto, dan video “Aku Duta Baca Jawa Barat”

Kekeluargaan dengan Makanan Khas Daerah

Pada malam keakraban seluruh peserta dari 27 Kab/Kota membawa makanan khas daerahnya masing-masing. Semua peserta bisa mencoba makanan yang sangat unik dan memiliki ciri khasnya. Tak hanya itu, peserta Duta Baca dari setiap Kabupaten/Kota juga harus bisa menjelaskan alasan membawa makanan khas tersebut. Ada yang menjelaskan secara sejarahnya, cara pembuatannya, bahkan mengenalkan hasil UMKM dari keluarganya.

Baca Juga:Ssttt Bakal Hadir New Honda Beat 150 CC 2023 – Harganya?Farm House Jadi Tempat Wisata Kota Bandung Terindah Sedunia

Sebuah acara yang sangat menyenangkan, bisa saling bertukar makanan, mengetahui sejarah dan ciri khas makanan se Jawa Barat.

Unjuk Bakat Diri

Saat hari pertama, dimana ketika peserta sedang menunggu untuk sesi Interview atau wawancara tertutup. Peserta Duta Baca dari masing-masing Kab/Kota di bebaskan atau diberikan ruang untuk menampilkan bakatnya. Nauval peserta dari Kab. Cirebon menampilkan bakatnya dalam bernyanyi dangdut solo dan duet bersama Rafli Ridho dari Indramayu.

Tak hanya itu, peseta lain pun menampilkan bakatnya yang luar biasa, ada yang menari, membaca puisi, dan berbalas pantun.

Suatu kebanggaan bagi para peserta bisa menampilkan bakatnya, karena bisa menghibur dan mengasah bakat yang dimilki oleh peserta Duta Baca.

Menerima Kekalahan sebagai Evaluasi

“Tak Juara Tak Apa tapi pengalaman lebih berharga” menjadi sebuah kata bijak dari Nauval salah satu Duta Baca dari Kab. Cirebon. Namun, ia harus tetap legowo dan menerima kekalahannya tersebut. Sebuah batu loncatan untuk ke depannya dan bisa menjadi evaluasi untuk ke depannya. Karena pada dasarnya ketika seseorang merencanakan sesuatu dalam waktu yang lama maka hasil pun akan sesuai proses kita.

Tentunya selamat kepada para pemenang, semoga bisa berkontribusi dan menginspirasi.

Duta Baca Jawa Barat…

“Berkarya”

“Mengabdi”

“Menginspirasi”

“Berkolaborasi”

Bandung, 15 Maret 2023

0 Komentar