Tidak Hanya Paus Biru, Berikut ini 5 Hewan Laut Terbesar yang Ada di Muka Bumi – Mari Kita Menyelam ke Dalam Lautan

goodnewsfromindonesia.id
goodnewsfromindonesia.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Keindahan laut memang tidak pernah luput dari keindahan makhluk-makhluk yang ada di dalamnya. Mulai dari ikan terkecil bahkan hewan laut terbesar di dunia sekalipun berada di lautan. Jika kamu menjelajah lebih dalam lagi mengenai dunia laut, mungkin akan banyak menemukan makhluk laut yang terlihat aneh.

Keberadaan dari beberapa makhluk laut tersebut sukar di pahami dan sangat misterius. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam hewan laut terbesar yang ada di dunia. Walaupun dari segi ukurannya ini sulit untuk di pastikan. Namun, ada sekelompok peneliti ilmiah memulai survei komprehensif dan meninjau studi terdahulu berkaitan dengan spesies laut terbesar. Berikut ini kamu akan mengetahui jenis-jenis hewan laut terbesar.

Jenis-jenis Hewan Laut Terbesar

1. Ubur-Ubur Surai Singa

Ukuran panjang tentakel dari Ubur-Ubur Surai Sing ini bisa mencapai 36,6 meter. Ubur-ubur ini seringkali terjerat dalam puing-puing laut. Tentakelnya pun terkadang kusut satu sama lain. Di karenakan membutuhkan waktu untuk berkontraksi, mereka rentan terhadap predator yang mengincar tentakel mereka. Namun, lenganya tersebut tentu memiliki racun yang bisa menipu daya para pemangsa.

Baca Juga:Ternyata Ada Kota Zombie di Dunia Nyata yang Berada di Amerika! Ketahui Beberapa Fakta MengerikannyaPonsel Unggulan Dari Ponsel Ternama, Segera Cek Daftar Harga Iphone 14 Terbaru – Cepetan Nabung Jangan Banyak Melamun

2. Paus Biru

Siapa yang tidak mengenal dengan Paus biru yang mendapatkan julukan hewan terbesar di dunia, mau itu di lautan ataupun di daratan. Perlu kamu ketahui, paus biru ini ukurannya sebesar dinosaurus dengan berat mencapai 200.000 kilogram. Bagian hatinya saja seukuran mobil.

Selain itu, detak jantung mereka pun bisa di deteksi dari jarak 3 kilometer. Namun sayanganya karena ada perburuan paus komersial, spesies ini hampir punah pada abad ke-20. Tetapi secara perlahan mereka sudah mulai kembali pulih setelah adanya larangan pemburuan paus global. Kurang lebih dari ada sekitar  25.000 ekor paus biru yang kini tersisa.

3. Paus Sperma

Berikutnya ada Paus Sperma yang memiliki panjang hampir 25 meter. Paus sperma merupakan predator yang memiliki gigi terbesar di antara banyak predator lainnya. Bahkan untuk suara paus ini bisa sekeras 230 desibel di bawah air atau sekitar 170 desibel di darat.

Ternyata tidak hanya itu saja, paus sperma juga menjadi hewan dengan otak terbesar di dunia, beratnya bisa mencapai 9 kilogram. Sayangnya populasi paus tersebut dahulu di perkirakan ada 1,1 juta ekor, tetapi sekarang tersisa beberapa ratus ribu dan masuk ke dalam kategori spesies rentan.

4. Hiu Penjemur

Hewan laut terbesar lainnya ada Hiu Penjemur atau basking shark. Ukuran terbesar yang pernah di temuinya ini sekitar 12 meter, kira-kira sepanjang bus regular TransJakarta. Untuk beratnya saja bisa mencapai kisaran 3.800 kilogram. Apabila kamu menjumpai hewan ini di laut tidak perlu khawatir karena mereka adalah raksasa lembut yang banyak makan plankton, telur ikan, dan larva.

5. Cumi-Cumi Raksasa

Berikutnya ada Cumi-Cumi Raksasa yang pertama kali difilmkan di lautan dalam pada 2012 oleh sekelompok ilmuwan dari Museum Sains Nasional Jepang. Cumi-cimi raksasa ini berhasil memecahkan rekor sefalopoda terpanjang di dunia. Lalu, untuk tentakelnya ini bisa menangkap mangsa pada jarak lebih dari 30 kaki

***

0 Komentar