Lestarikan Budaya Nusantra dengan Mengenal Jenis jenis Kain Nusantara.

Lestarikan Budaya Nusantra dengan Mengenal Jenis jenis Kain Nusantara.
Lestarikan Budaya Nusantra dengan Mengenal Jenis jenis Kain Nusantara.
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- jenis kain nusantara itu sering di gandrungi oleh paar pelancong terutama parawisatawan dari luar negri.

Di Indonesia memang kaya akan warisan dan ragam budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam budayanya masing-masing seperti rumah adat, pakaian adat, musik tradisional, tarian tradisional, dan bahasa daerah. Itulah yang membuat Indonesia kaya akan ragam budaya.

Pecinta kain tradisional saatnya move on dari batik, karena banyak sekali kain Nusantara yang memiliki pesona secantik kain nasional tersebut.

Baca Juga:“kelebihan panci listrik” Salah Satunya Panci Ramah lingkungan ,yuk cari tahu di sini !Cari Tahu Yuk “perbedaan kompor listrik dan induksi” Biar Kalian Tidak Salah Pilih “.

Kenalan, yuk dengan berbagai kain tradisional khas Indonesia yang bercorak menawan yang menyajikan keunikannya masing-masing.

  1. SasiranganKain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan ini dibuat dengan cara di ikat, lalu di celupkan dalam berbagai warna sehingga menghasilkan motif beragam. Berbeda dengan jenis tie dye, sasirangan menampilkan desain yang lebih formal dan elegan.
  2. UlosKain tradisional Batak yang biasanya dalam bentuk selendang untuk melengkapi tampilan baju tradisional. Dari cara pembuatannya, ulos termasuk kain tenun halus yang tidak menggunakan mesin. Warna yang banyak di pakai untuk membuat kain jenis ini adalah merah, hitam dan putih. Simpel dan tegas.
  3. Sarung BugisKain tenun yang satu ini termasuk spesial karena berasal dari bahan sutera dengan rangkaian benang emas dan perak. Kain tradisional Makassar ini juga menampilkan perpaduan warna yang agak ramai dan motif kotak, sehingga penampilan pesta kamu akan kelihatan berbeda.
  4. LurikKain yang banyak di temukan di Solo dan Yogyakarta ini sudah naik kelas, lho. Lurik yang dulunya di kenal sebagai jenis kain murah karena terbuat dari bahan katun biasa ini sekarang banyak banget di jadikan elemen tambahan pada kemeja, kebaya, blus, hingga dress. Motif garis klasik dalam nuansa warna solid membuat tampilan baju biasa lebih menarik.
  5. Songket LombokKain tradisional dengan desain motif khas serta paduan benang warna emas yang terlihat mengkilap dan cantik. Gak heran kalau kain ini selalu jadi incaran para turis saat datang ke Lombok. Corak dan nuansa warnanya yang cerah sangat cocok di padukan dengan koleksi kebaya ataupun blus warna putih.
  6. TapisKain asal Lampung dengan berbagai motif lokal yang khas banget. Belum banyak yang memakai kain jenis ini untuk di manfaatkan sebagai bahan dress ataupun kemeja. Sebab, termasuk kain adat yang hanya di pakai pada momen-momen tertentu. Rata-rata harganya sekitar Rp 1 juta.

itu dia 6 kain nusantara yang mimin rangkum,menurut kalian mana nih yang kalian suka.

0 Komentar