Jangan Penasan lagi ya Cantik ! Ini Dia Cara Membuat Kecap,Yuk Simak Di Sini Ya !

Jangan Penasan lagi ya Cantik ! Ini Dia Cara Membuat Kecap,Yuk Simak Di Sini Ya !
Jangan Penasan lagi ya Cantik ! Ini Dia Cara Membuat Kecap,Yuk Simak Di Sini Ya !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- cara membuat kecap sering menjadi bahan perbincangan banyak orang karena kebanyakn orang itu perasa penasaran dengan cara pembuatannya.

Dan sebelumnya mimin bahas mengenai kecap,kecap adalah termasuk ke dalam bumbu dapur yang hampir selalu di gunakan dalam setiap kesempatan.

Makanya, tak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia kerap menambahkan kecap dalam makanan yang di santap. Adapun salah satu bahan dasar kecap adalah kedelai.

Baca Juga:2 Resep Kue Pie Susu yang Enak dan Praktis,Bisa Juga Ide Sebagai Ide Jualan Anda !Ciptakan Rasa Segar di Rumah Anda dengan Membuat Resep Salad Buah yang Paktis Ini !

Hal inilah yang kemudian kecap memiliki cita rasa yang lebih kaya. Lantas, bagaimana proses pembuatan kecap yang tepat?

Bahan Dasar Kecap dan Proses PembuatannyaMengutip dari buku Cara Memproduksi Kecap dan Tempe, Siti Sa’adah (Saad) (2023:5), bahan dasar kecap adalah kedelai yang di fermentasi dengan garam dan kapang.Selain itu, terdapat sejumlah tambahan bumbu lain yang di berikan, seperti gula kelapa dan air.Agar lebih tahu tentang kecap, berikut adalah bahan dan proses pembuatannya yang menarik untuk di simakA. Bahan yang Di perlukan4 cm lengkuas1 sendok teh pokak6 kg gula merah1 1/2 liter air (untuk melarutkan gula merah)800 gram garam untuk 4 liter air1 kg kedelai putih atau hitam3 gram ragi tempe3 lembar daun salam4 lembar daun jeruk simak.B. Proses Pembuatan1.Cuci kedelai sampai bersih lalu rendam di dalam 3 liter air selama kurang lebih 12 jam.2.Setelah itu, masukkan kedelai ke dalam karung lalu injak-injak sehingga biji kedelai terbelah dua, atau dapat juga memakai mesin giling tipe cakram3.Biji kedelai yang sudah terbelah ini di cuci bersih.4.Lalu, rebus kedelai dalam air mendidih selama 40 menit atau 60 menit hingga lunak. Setelah itu, tiriskan dan dinginkan.5.Kemudian beri ragi tempe dan campur sampai merata pada permukaan kedelai dan diamkan selama kurang lebih 3 -5 hari.6.Setelah jamur putih tumbuh merata pada kedelai, segera pisahkan biji-biji kedelai menggunakan tangan dan jemur sampai agak kering.7.Rendam kedelai ke dalam larutan garam selama 3 sampai 4 minggu di dalam suhu ruang. Adapun maksimal proses penggaraman adalah selama 2 bulan.8.Selanjutnya, tuang air bersih, kemudian masak hingga terlihat mendidih. Lantas angkat dan saring.Kemudian bisa tambahkan gula merah serta bumbu pada hasil saringan, kecuali daun jeruk dan daun salam. Giling sampai halus dan merata.9.Masak hasil gilingan tersebut sambil diaduk-aduk.10.Jika sudah mendidih dan buihnya hilang, langsung angkat dan dinginkan.11.Saring larutan menggunakan kain saring, sehingga ampas-ampasnya terangkat.12.Kecap manis sudah siap untuk digunakan atau disimpan ke dalam botol bersih.

Itu dia bahan dan cara pembuatanya yang mungkin bisa menjadi bahan informasi kita sebagai menambah wawasan kita,selamat membaca ya.

0 Komentar