Mendaki Gunung Tidak Bisa Dilakukan dengan Sembarangan: Tips Mendaki Gunung dengan Aman, Taati Peraturannya!

Mendaki Gunung Tidak Bisa Dilakukan dengan Sembarangan: Tips Mendaki Gunung dengan Aman, Taati Peraturannya!
tips mendaki gunung: pojoknulis.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Karena mendaki gunung di anggap menyenangkan dan menawarkan banyak pengalaman berbeda, banyak orang memilih untuk melakukannya sebagai salah satu pilihan liburan mereka. Namun, proses mendaki gunung tidaklah mudah, terutama bagi pendaki pemula.

Biasanya mendaki gunung memiliki peraturan tersendiri yang tentu harus di taati dengan baik, apalagi untuk gunung-gunung dengan jalur daki yang panjang dan terjal. Jika kamu memang ingin mendaki gunung dengan aman maka setidaknya perhatikan beberapa tips penting berikut ini.

1. Memastikan kondisi tubuh bugar

Pada saat proses mendaki gunung tentu kamu harus berjalan melalui rute yang tidak sebentar, bahkan bisa memakan waktu hingga belasan jam. Belum lagi dengan kondisi trek jalanan yang sering kali terjal dan membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai pada puncak gunung nanti.

Baca Juga:Jalurnya Ngeri-Ngeri Sedap, Tapi Mantap: 5 Gunung di Pulau Flores NTT yang Menantang untuk Didaki, Kamu Berani Coba?Khusus Wanita, Simak Perlengkapan Naik Gunung untuk Wanita Pemula

Tentu saja, Anda tidak dapat mengabaikan kondisi fisik Anda sebelum memutuskan untuk mendaki gunung karena kondisi fisik yang tidak bugar pasti akan menyulitkan Anda selama pendakian, terutama dalam kasus cuaca ekstrem.

2. Tidak mendaki sendirian jika baru pertama kali

Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang paling berisiko bagi banyak orang karena memiliki bahaya dan tidak mudah untuk dilakukan. Ini terutama berlaku untuk mereka yang belum berpengalaman atau baru pertama kali mendaki gunung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas mendaki gunung sendirian.

Untuk proses pendakian memang sebaiknya di lakukan bersama dengan orang yang lebih berpengalaman, sebab tentu saja keamanan dan keselamatanmu akan jauh lebih penting. Oleh sebab itu, jangan sampai mendaki gunung sendirian apabila jika kamu baru pertama kali mendaki gunung.

3. Membawa peralatan yang memadai

Memutuskan untuk mendaki gunung, terutama yang memiliki ketinggian yang signifikan, pasti tidak dapat dilakukan dengan tangan kosong. Tak mengherankan bahwa peralatan mendaki sangat penting, terutama untuk pendakian yang memakan waktu yang lama.

Untuk proses pendakian yang jauh, biasanya mau tak mau kamu harus bermalam di area pendakian tersebut kamu, sehingga tentu harus membawa peralatan yang memadai termasuk seperti tenda. Jika peralatan yang kamu bawa memadai, maka kamu bisa melakukan aktivitas pendakian dengan nyaman.

4. Mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup

Makanan dan minuman rasanya menjadi kebutuhan penting yang harus terpenuhi pada saat melakukan pendakian, sehingga kamu tidak boleh mengabaikan kebutuhan yang satu ini. Aapalagi jika ternyata kamu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendaki gunung, sehingga persiapan logistik untuk makanan dan minuman pun haruslah cukup.

Kamu dapat membawa beberapa pilihan makanan instan ataupun makanan yang sudah siap di sajikan, sehingga tidak repot pada saat mendaki nanti. Terpenting semua kebutuhan tersebut sudah di siapkan agar nantinya kamu tidak sampai kelaparan selama mendaki gunung.

Baca Juga:Diperkirakan Ketingginnya Sekitar 2.200 Meter: Yuk Cari Tahu Fakta Menarik Gunung Bawah Laut Jogo Jagad di PacitanAda Gunung Merapi dan Marapi: Kenalin 5 Pasang Nama Gunung di Indonesia Ini Namanya Mirip, Jangan Salah Sebut!

5. Mengikuti segala peraturan dengan baik

Setiap gunung yang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki tentu memiliki peraturannya tersendiri, termasuk etika-etika dan hal-hal yang tidak boleh di lakukan selama mendaki. Tentu saja peraturan yang ada haruslah di perhatikan dengan seksama dan tidak boleh di langgar oleh para pendaki.

Sebagai pengunjung tentu kamu perlu benar-benar menaati semua peraturan tersebut dengan baik, sehingga kamu akan tetap merasa aman dan nyaman selama mendaki. Terpenting jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak di perbolehkan atau pun yang membahayakanmu.

Itulah tips mendaki gunung jika kamu sudah mempersiapkan rencana mendaki dengan baik, maka proses pendakian pun akan berjalan dengan lancar. Terpenting kamu perlu mengikuti segala peraturan yang ada, serta mempersiapkan semua yang di butuhkan dengan baik. Harus tetap berhati-hati, ya!

0 Komentar