Resmi Punah! Ini Penyebab Ikan Pari Jawa Jadi Spesies Ikan Pertama di Dunia yang Punah

Ikan Pari Jawa/Liputan6.com
Ikan Pari Jawa/Liputan6.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Setelah penelitian yang di lakukan oleh tim internasional yang di pimpin oleh Universitas Charles Darwin di Australia, ikan pari jawa, yang merupakan spesies ikan pari yang langka, kini resmi di nyatakan punah.

Selasa, 26 Desember 2023, di kutip dari berbagai sumber. Ikan ini di anggap sangat langka, spesies ikan pari ini hanya di sebutkan satu kali pada akhir tahun 1800-an.

Ilmuwan secara resmi menyatakan bahwa ikan pari Jawa ini adalah ikan laut pertama yang punah karena ulah manusia.

Baca Juga:Profil Cut Nyak Dien: Pahlawan Pejuang Wanita dari AcehProfil Patimura: Pahlawan Kemerdekaan dari Maluku yang Menggetarkan Jiwa

International Union for Conservation of Nature (IUCN) baru-baru ini mengeluarkan daftar Merah Spesies Terancam Punah mengenai ikan ini.

Di ketahui bahwa daftar Merah IUCN telah mencatat lebih dari 41.200 spesies yang terancam punah di seluruh dunia sejak tahun 1964.

Daftar ini memberikan informasi tentang wilayah jelajah, ukuran populasi, habitat, ekologi, pemanfaatan, perdagangan, dan ancaman konservasi.

Ikan Pari Jawa

Informasi ini berfungsi sebagai dasar untuk keputusan dan perubahan kebijakan yang di perlukan untuk melindungi spesies.

Ikan pari yang termasuk dalam kelompok Stingaree Jawa (Urolophus javanicus) ini hanya di ketahui dari satu sampel yang di kumpulkan dari pasar ikan di Jakarta pada tahun 1862.

Tim kemudian membuat pemodelan baru yang menggabungkan semua data yang mereka miliki mengenai spesies, menunjukkan bahwa ikan Stingaree Jawa ini telah punah.

Ada banyak alasan mengapa ikan ini punah. Menurut penelitian utama, Julia Constance menjelaskan beberapa masalah yang telah berkontribusi pada hilangnya spesies ini.

Baca Juga:Profil Gervonta Davis: Perjalanan Kilat Petinju Berbakat dari BaltimorePetinju Dunia Gervonta Davis Mualaf, Ini 5 Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui

“Penangkapan ikan secara intensif dan umumnya tidak di atur kemungkinan besar merupakan ancaman utama yang mengakibatkan berkurangnya populasi ikan pari Jawa, dengan hasil tangkapan ikan pesisir di Laut Jawa sudah menurun pada tahun 1870an,” ucapnya.

“Pesisir utara Jawa, khususnya Teluk Jakarta di mana spesies ini di ketahui terdapat, juga merupakan kawasan industri besar, dengan hilangnya dan degradasi habitat yang luas dan berjangka panjang. Dampaknya cukup parah hingga menyebabkan kepunahan spesies ini,” lanjutnya.

Setelah itu, selama beberapa bagian penelitian, tim juga melihat bahaya seperti penangkapan ikan yang berlebihan dan hilangnya habitat.

Menurut Benaya Simeon, mahasiswa Phd di UCD, tidak ada spesimen tambahan yang di temukan, meskipun survei menyeluruh telah di lakukan sejak tahun 2001.

“Sejumlah lokasi pendaratan ikan di sepanjang pantai utara Jawa dan seluruh Indonesia telah di pantau secara ekstensif namun mereka belum mencatat keberadaan ikan pari Jawa,” ucap Simeon.

Selain itu, Simeon menyatakan bahwa ikan ini seukuran piring makan adalah spesies unik. Dan fakta bahwa spesien seperti ini tidak di temukan selama survei menunjukkan kepunahannya.

Ini adalah informasi tentang ikan pari jawa yang resmi punah karena tindakan manusia. Semoga bermanfaat…

0 Komentar