Apa yang Menjadi Penyebab Gempa di Jepang? Berikut Penjelasannya

Apa yang Menjadi Penyebab Gempa di Jepang? Berikut Penjelasannya
Gempa di Jepang (Kyodo News via AP)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pada awal 2024, baru saja terjadi bencana berupa gempa yang melanda di salah satu negara Asia yakni Jepang. Gempa yang berkekuatan magnitudo 7,4 hingga 7,5 itu, berpusat di pulau utama Honshu di prefektur Ishikawa. Apa penyebab gempa di Jepang?

Terjadinya gempa pada beberapa waktu lalu, rupanya memicu peringatan tsunami bagi warga Jepang, di mana gempa itu memicu gelombang tsunami 40cm sampai 1,2m pada wilayah pesisir Ishikawa. Bahkan dalam bencana itu, di laporkan ada sejumlah warga yang tewas hingga mengalami luka.

Berdasarkan info terakhir yang di ketahui pada Rabu (3/1), pemerintah daerah Ishikawa mengumumkan jika jumlah warga yang tewas sebanyak 62 orang. Sementara dengan jumlah lebih dari 300 orang, mengalami luka akibat gempa. Namun, jumlah korban bisa saja bertambah seiring tim penyelamat yang terus melakukan misi pencarian dalam menyisir reruntuhan bangunan.

Baca Juga:Tips Membuat Resolusi Tahun Baru di 2024, Capai Impianmu yang Belum Terwujud di Tahun Sebelumnya!Harga Emas Antam 3 Januari 2024 : Alami Perubahan atau Tidak? Cek Rincian Harganya Disini

Penyebab Gempa di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang paling sering di guncang oleh bencana gempa. Lantas, apa penyebabnya? Jika mengutip dari situs United States Geological Survey, Jepang sering mengalami gempa karena berada di wilayah seismik yang sangat aktif dan mempunyai jaringan seismik terpadat di dunia.

Kemudian, Jepang berada di sepanjang Pacifid Ring of Fire yang merupakan wilayah cincin dengan gempa paling aktif di dunia. Cincin itu, merupakan zona yang banyak terjadi gempa bumi hingga letusan gunung berapi di dunia.

Ada beberapa lempeng tektonik di dalam cincin itu yang berbenturan. Benturan lempeng yang terjadi, itulah yang menyebabkan gempa bumi kerap terjadi di Jepang. Namun, palung Jepang menjadi penyebab lainnya.

Sementara itu, menurut laporan Reuteurs, gempa di Jepang pada beberapa waktu yang lalu dapat menjadi penyebab yang memicu gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 1 meter di sepanjang pesisir barat Jepang.

Menurut pakar gempa ITB, Prof. Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc., sumber gempa di pantai timur Jepang lebih berbahaya karena kekuatannya dapat mencapai 8 skala ricther.

Namun, gempa pada awal tahun 2024, bukan termasuk gempa yang terkuat di Jepang. Hanya saja, pada wilayah pantai barat, merupakan gempa yang terkuat. Pasalnya, pertemuan antar lempeng lebih dekat dengan garis pantai jika di banding dengan pantai timur.

0 Komentar