Panen Perdana Ikan Bandeng Losari

0 Komentar

Sementara itu, keberhasilan para pembudidaya ikan bandeng ini tak lepas dari upaya pemerintah desa mencari bantuan dari berbagai pihak. Bahkan di tahun 2023 lalu, bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membantu percepatan panen dengan memberikan bibit berkualitas, sehingga waktu panen 2 bulan lebih cepat dari biasanya.

Kuwu Desa Ambulu Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon, Sunaji memantau secara langsung proses panen yang dilakukan di kampung perikanan budidaya bandeng di desa setempat, Rabu pagi. Berkat adanya bantuan dari pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), masa panen lebih cepat sebelum rob datang yang biasanya terjadi pada bulan Februari.

Sunaji mengungkapkan kebanggaannya terhadap semangat dan kerja keras para petambak. Dirinya ingin membuktikan bahwa di Desa Ambulu, budidaya ikan masih bisa dilaksanakan. Panen keempat dari kelompok budidaya perikanan pekan ini menunjukkan hasil positif, dengan setiap kelompok mampu menghasilkan ikan bandeng sebanyak 8 kwintal dari tambak berukuran satu hektar.

Baca Juga:Desa Ambulu Berhasil Panen Ikan BandengSegarnya Es Campur Bandung Bu Eros

Lewat proyek intensifikasi budidaya ikan bandeng di tahun lalu, diharapkan dapat mengatasi penurunan produktivitas akibat banjir rob dan memperkuat posisi Desa Ambulu sebagai penyuplai terbesar bandeng losari. Terobosan dari pemerintah desa yang mengusulkan intensifikasi budidaya perikanan melalui bantuan dana dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) sebesar 600 juta untuk lima kelompok telah memberikan hasil positif.

Sementara, ke depan, pemerintah perlu fokus pada penanganan banjir rob saja. Pemerintah hanya perlu mencari solusi untuk menangani banjir rob di wilayah Ambulu, agar tidak hanya budidaya, potensi wisata pesisir pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal

0 Komentar