Dengan Memperbanyak Membaca Istighfar, Ada Banyak Keutamaan yang Akan Didapatkan

Dengan Memperbanyak Membaca Istighfar, Ada Banyak Keutamaan yang Akan Didapatkan
Keutamaan Istighfar (Pixabay/ Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dalam menjalani kehidupan di dunia, manusia tak luput dari segala bentuk kesalahan maupun kekhilafan. Maka, manusia perlu cepat-cepat menyadari kesalahannya dengan mengucapkan istighfar kepada Allah karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya.

Ucapan istighfar merupakan sebuah kalimat suci yang di lantunkan dengan berisi permohonan ampun kepada Allah. Dengan mengucapkan banyak istighfar, maka insya Allah bisa mendapatkan ampunan dari Allah dan tentunya untuk membuat manusia tersebut bisa kembali ke jalan-Nya.

Kalimat suci ini bukan hanya sekedar untuk memohon ampun kepada Alah saja. Memperbanyak istighfar, dapat membuka jalan hidayah dan petunjuk kepada seorang manusia yang membuatnya menjadi manusia yang senantiasa mengingat Allah.

Baca Juga:Kapan Puasa Rajab 2024 Dimulai? Simak Kapan Pelaksanaannya Berikut dengan KeutamaannyaPoco X6 Series Meluncur dengan Sejumlah Fitur Anyar, Salah Satunya Berupa Tampilan Antarmuka HyperOS

Bacaan Istighfar

Istighfar merupakan bacaan yang kerap di ucapkan kapanpun, terutama sehabis melaksanakan ibadah shalat. Dari laman Baznas, istighfar menyimpan banyak keutamaan. Maka, lantunkan kalimat suci ini dengan bacaannya sebagai berikut.

Astaghfirullahal’adzim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu wa Atubu Ilaihi.

Artinya : “Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.”

Kedahsyatan istighfar dalam diri seorang manusia, bukan hanya untuk meminta ampun saja. Namun dalam segala urusan pun, insya Allah akan Allah mudahkan bagi hamba-Nya. Hal ini seperti dalil dari Sunnah Rasul shallallahu’alaihiwasallam. Terdapat suatu hadist dengan bunyinya :

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak di sangka-sangka” (H.R Ahmad dari Ibnu Abas dan sanadnya di nilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Agar bisa mendapatkan keutamaan istighfar, maka bacalah istighfar setiap saat. Ada beberapa waktu yang disyariatkan untuk membacanya. Pertama, setelah berwudhu. Lalu setelah shalat dan setelah selesai wukuf di Arafah. Namun tak ada salahnya untuk mengucapkannya kapanpun. Semoga kita menjadi manusia yang senantiasa mengucapkan istighfar dan selalu mengingat Allah. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

0 Komentar