Sering Ngantuk di Pagi Hari? Ini Dia Penyebab Mengantuk di Pagi Hari yang Disebabkan Dari Beberapa Hal

0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Apakah kamu pernah merasa mudah mengantuk di pagi hari? Ternyata penyebab mudah mengantuk di pagi hari ini bisa di karenakan istirahat yang tidak teratur. Misalnya jam tidur yang tidak teratur, gangguan tidur, gangguan kesehatan, bahkan konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Apabila mengantuk di pagi hari ataupun di siang hari bisa menganggu aktivitas kamu dan menurunkan produktivitas keseharian. Selain itu juga, mengantuk bisa membuat kamu jadi mudah lupa, menurunkan konsentrasi, dan kurang waspada atau awas. Berikut ini penyebab kamu mudah mengantuk di pagi hari.

Penyebab Mudah Mengantuk di Pagi Hari

1. Pola Tidur Buruk

Penyebab yang pertama ini karena pola tidur yang buruk, salah satunya adalah kurang tidur. Biasanya kurang tidur di sebabkan karena sering mengerjakan tugas sampai larut malam, lembur di tempat kerja, atau hal-hal yang lainnya. Maka dari itu, kamu harus tidur sesuai dengan durasi waktu yang dianjurkan, yaitu 7-9 jam setiap malam.

Baca Juga:Jangan Takut dengan Kehadiram Lemak di Makanan Kamu, Ini Dia 5 Jenis Lemak Sehat yang Baik untuk Tubuh : Mudah DitemukanHati-Hati dan Patut Diwaspadai! Ini Dia Zodiak yang Dikenal Paling Red Flag : Ternyata Zodiak ini yang Paling Red Flag

Tidak hanya itu, hal ini pun berkaitan juga dengan siklus tidur alami tubuh. Setiap harinya, ada dua periode ketika tubuh akan merasa mengantuk secara alami, yaitu larut malam (umumnya antara tengah malam hingga 7 pagi) dan tengah hari (sekitar pukul 13.00-16.00 WIB).

2. Mengonsumsi Kafein

Ternyata mengonsumsi minuman tertentu seperti kafein ini bisa menjadi salah satu penyebab sering mengantuk di pagi hari. Apabila kamu mengonsumsi kafein seperti kopi, teh, hingga minuman ringan lainnya sebelum tidur, hal ini bisa memicu kualitas tidur kamu.

Penyebab lainnya juga karena kafein bisa tetap bekerja di dalam tubuh kamu hingga sekitar 6 jam setelah kamu mengonsumsinya. Dengan begitu kamu akan lebih sulit untuk tidur, sehingga menyebabkan tubuh akan kantuk di pagi hari.

3. Minuman Beralkohol

Ternyata minuman beralkohol juga bisa mengubah durasi tidur dan kualitas tidur secara keseluruhan. Bahkan alkohol yang di konsumsi di malam hari sebelum tidur bisa menjadi salah satu penyebab kantuk saat pagi hari. Tidak hanya itu saja, alkohol juga bisa membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan mual.

4. Stres dan Depresi

Stres dan Depresi bisa menjadi penyebab selanjutnya. Masalah psikologis tersebut bisa membuat energi kamu terkuras, sehingga menyebabkan tidur yang kurang nyaman dan tidak berkualitas. Bahkan stres dan depresi ini bisa mengakibatkan kamu mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

5. Dehidrasi

Apabila tubuh kamu kekurangan cairan tubuh, bisa menjadi salah satu penyebab sering mengantuk di pagi hari. Dehidrasi ini bisa mengurangi aliran darah ke otak, sehingga tubuh mudah merasa ngantuk. Kemudian, kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan mulut dan saluran pernapasan kering serta kram pada kaki saat tidur, yang menyebabkan kualitas tidur kamu pun jadi terganggu.

***

0 Komentar