Jangan Takut dengan Kehadiram Lemak di Makanan Kamu, Ini Dia 5 Jenis Lemak Sehat yang Baik untuk Tubuh : Mudah Ditemukan

alodokter.com
alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jika mendengar makanan berlemak pastinya akan terkesan menakutkan, apalagi ketika sedang melakukan program diet. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua makanan berlemak itu buruk. Ada juga beberapa lemak sehat yang baik bagi tubuh kamu.

Makanan yang mengandung lemak ini bermanfaat bagi tubuh apabila di konsumsi secukupnya. Lemak sendiri memiliki peran yang penting dalam tubuh. Terdapat beberapa fungsi lemak, seperti menyediakan cadangan energi, melindungi organ tubuh, membentuk hormon, dan membantu penyerapan zat gizi. Berikut ini jenis lemak sehat untuk tubuh.

Jenis Lemak Sehat untuk Tubuh

1. Ikan

Ada beberapa jenis ikan berminyak yang kaya akan lemak baik, di antaranya kembung, sarden, tenggiri, cakalang, dan tuna. Selain itu, ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang termasuk dalam kelompok lemak tidak jenuh. 

Baca Juga:Hati-Hati dan Patut Diwaspadai! Ini Dia Zodiak yang Dikenal Paling Red Flag : Ternyata Zodiak ini yang Paling Red FlagEnggak Cuman Perawatan untuk Perempuan Aja! Berikut 5 Rekomendasi Skincare untuk Pria Cocok Semua Jenis Kulit

Menurut penerlitian, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi omega-3 cenderung lebih sehat. Hal ini di sebabkan, omega-3 yang bersifat anti-inflamasi sehingga menurunkan risiko penyakit akibat radang, seperti eksim rematik. Kandungan lemak ini pun menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Alpukat

Alpukat ini merupakan makanan yang mengandung lemak sehat berasal dari kelompok buah-buahan. Ada sekitar 70% dari lemak total pada alpukat adalah lemak tidak jenuh dalam bentuk asam oleat. Lalu, lemak ini bisa membantu meringankan radang akibat penyakit, misalnya osteoartritis.

Tidak hanya tinggi lemak sehat, alpukat juga kaya akan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin E berkaitan dengan penurunan risiko kerusakan sendi pada pasien osteoartritis tahap awal.

3. Biji-bijian

Walaupun ukurannya ini kecil, tetapi biji-bijia juga tenyata mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Terutama Biji chia dan biji rami (flaxseed), yang mengandung asam lemak omega-3 dan jauh lebih tinggi di bandingkan biji-bijian pada umumnya.

Selain itu juga, kamu akan mendapatkan asupan protein, serat, dan mineral dari bahan makanan ini. Kamu juga bisa mengonsumsi biji kuaci labu yang kaya akan zinc yang baik untuk imun, sedangkan biji bunga matahari mengandung vitamin E dan selenium yang bersifat antioksidan dan menangkal radikal bebas.

4. Minyak Zaitun

Pilihan makanan berikutnya ada minyak zaitun, terutama dari jenis extra virgin olive oil, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Adanya kandungan lemak ini bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah. 

Kemudian, minyak zaitun juga mengandung vitamin K yang bisa mengurangi kekakuan dan memperlambat penumpukan kalsium di pembuluh darah. Selain itu, minyak zaitun kaya akan vitamin E, beta-karoten, dan lutein yang berperan sebagai antioksidan yang melindungi otak. 

Baca Juga:Tidak Akan Mendapatkan Keberuntungan! Berikut Daftar Shio Paling Sial di Berbagai Hal5 Jenis Minuman Alami Pencegah Kenaikan Berat Badan : Yuk, Coba Buat Sekarang Juga

5. Telur

Sebetulnya kolesterol pada kuning telur ini tidak memengaruhi kadar kolesterol darah asalkan selama ini kolesterol kamu terkendali. Jika kamu membuang kuning telur, kamu justru akan kehilangan berbagai zat gizi yang penting, seperti asam lemak omega-3. Telur yang utuh juga lebih sehat karena bisa memberikan tubuh asupan protein serta hampir semua jenis vitamin dan mineral.

***

0 Komentar