Begini Ternyata Cara Memperbaiki Set Top Box (STB) yang Rusak dengan Mudah

ilustrasi cara memperbaiki stb yang rusak/ foto: (BUMN)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Set top box (STB) adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal siaran TV digital dan menampilkannya pada TV analog atau layar datar. Dengan STB, Anda bisa menikmati tayangan TV digital yang lebih jernih, stabil, dan beragam. Namun, STB juga bisa mengalami masalah, seperti tidak bisa menyala, hang, tidak bisa terhubung ke internet, atau tidak bisa memindai siaran TV digital. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan buru-buru membuang atau mengganti STB Anda. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk memperbaiki STB yang rusak.

1. Periksa kabel dan konektor

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kabel dan konektor yang terhubung ke STB. Pastikan kabel power, kabel RCA, kabel HDMI, dan kabel antena terpasang dengan benar dan tidak ada yang putus, mengelupas, atau rusak. Jika ada yang bermasalah, Anda bisa mencoba mengganti kabel atau konektor yang rusak dengan yang baru.

2. Pindahkan colokan listrik ke outlet lain

Jika kabel dan konektor sudah baik, Anda bisa mencoba memindahkan colokan listrik STB ke outlet lain. Mungkin saja outlet yang Anda gunakan sebelumnya sedang bermasalah atau tidak cocok dengan tegangan STB. Anda juga bisa mencoba menggunakan stabilizer atau UPS untuk menghindari lonjakan listrik yang bisa merusak STB.

3. Reset STB

Baca Juga:Ini Dia! 5 Pilihan STB yang Cocok untuk TV Tabung AkariSet Top Box: Solusi Menonton TV Digital dengan TV Tabung

Jika STB masih tidak bisa menyala atau hang, Anda bisa mencoba mereset STB. Caranya, tekan dan tahan tombol power yang ada di STB atau remot selama beberapa detik sampai STB mati dan menyala kembali. Anda juga bisa mencabut kabel power STB dari colokan listrik, tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali. Reset STB bisa membantu mengatasi masalah sistem operasi yang bermasalah.

4. Periksa pengaturan STB

Jika STB sudah bisa menyala, tetapi tidak bisa terhubung ke internet atau memindai siaran TV digital, Anda bisa memeriksa pengaturan STB. Pastikan Anda sudah memilih mode jaringan yang sesuai, baik wifi atau LAN.

Jika Anda menggunakan wifi, pastikan Anda sudah memasukkan password yang benar. Jika Anda menggunakan LAN, pastikan kabel LAN terhubung dengan baik. Anda juga bisa mencoba menghubungkan STB ke jaringan lain untuk memastikan tidak ada masalah pada provider internet Anda.

Untuk memindai siaran TV digital, pastikan Anda sudah memilih standar siaran yang sesuai dengan Indonesia, yaitu DVB-T2. Anda juga bisa mencoba mengubah frekuensi atau channel yang digunakan untuk memindai siaran TV digital. Anda bisa mengecek frekuensi atau channel yang tersedia di daerah Anda di situs resmi Kominfo.

5. Perbarui firmware STB

Jika pengaturan STB sudah benar, tetapi masih ada masalah, Anda bisa mencoba memperbarui firmware STB. Firmware adalah perangkat lunak yang mengendalikan fungsi-fungsi dasar STB. Dengan memperbarui firmware, Anda bisa memperbaiki bug atau kesalahan yang ada di STB. Anda bisa memperbarui firmware STB melalui menu pengaturan STB, atau dengan mengunduh file firmware dari situs resmi produsen STB dan memasukkannya ke STB melalui flashdisk atau harddisk eksternal.

6. Bersihkan komponen STB

Jika semua cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa mencoba membersihkan komponen STB. Debu atau kotoran yang menumpuk di dalam STB bisa menyebabkan panas berlebih, konslet, atau kerusakan pada komponen STB. Anda bisa membuka casing STB dan membersihkan komponen-komponen di dalamnya dengan kuas, kain, atau alat pembersih elektronik lainnya. Pastikan Anda mematikan dan mencabut STB dari listrik sebelum membersihkannya.

7. Bawa ke tukang servis

Jika semua cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa membawa STB ke tukang servis yang ahli dan terpercaya. Mungkin ada komponen STB yang rusak atau perlu diganti, seperti IC, resistor, kapasitor, atau lainnya. Tukang servis bisa mendiagnosis dan memperbaiki STB dengan lebih akurat dan aman.

Baca Juga:Audiensi Bersama TNI AU, Pj Wali Kota Siap Dukung Gelar Pahlawan untuk Raden Soerjadi SoerjadarmaIntip! Ciri Khas Dodol dengan Kelezatan yang Beragam dari Berbagai Daerah di Indonesia

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki STB yang rusak. Semoga artikel ini bermanfaat dan STB Anda bisa kembali normal.***

0 Komentar