Manfaat dan Kegunaan Bawang Putih, Salah Satunya Bisa Mengurangi Ketombe

Atasi ketombe dengan Bawang putih/ Kolase: rctv/ sumber: google
0 Komentar

RADARCIREBON.TVBawang putih adalah umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium sativum. Bawang putih berwarna putih dan memiliki aroma yang menyengat. Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma. Namun, bawang putih juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dan kegunaan bawang putih? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Bawang putih mengandung berbagai zat gizi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah:

– Menurunkan kolesterol. Bawang putih mengandung zat allicin yang bisa menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL) di hati. Penelitian menunjukkan bahwa makan bawang putih setiap hari bisa mengurangi kadar LDL dan kolesterol total.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Cancer: Senin 5 Februari 2024, Orang Terdekat Anda Akan Membocorkan Rahasianya Kepada AndaRamalan Zodiak Gemini: Senin 5 Februari 2024, Si Jomblo Akan Bertemu Seseorang yang Spesial

– Menurunkan tekanan darah. Bawang putih juga mengandung allicin dan polisulfida yang bisa membuat pembuluh darah rileks, sehingga melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

– Mencegah penyakit jantung. Bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Bawang putih juga bisa mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

– Mencegah gangguan otak. Bawang putih bisa menjaga kesehatan pembuluh darah kecil di otak yang bisa terganggu akibat kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Bawang putih juga bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat stres oksidatif. Hal ini bisa mencegah gangguan fungsi otak, seperti Alzheimer dan demensia.

– Mengatasi sakit maag. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membunuh bakteri Helicobacter pylori, penyebab utama sakit maag. Bawang putih juga bisa meredakan peradangan dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

– Mencegah kanker lambung. Bawang putih bisa mencegah kanker lambung dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker, menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), dan menghentikan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru yang memberi nutrisi sel kanker).

– Meredakan flu dan pilek. Bawang putih bisa meredakan gejala flu dan pilek, seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan. Bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel-sel imun, seperti makrofag, limfosit, dan sel pembunuh alami.

– Menekan pertumbuhan kanker. Bawang putih tidak hanya bisa mencegah kanker lambung, tetapi juga kanker lainnya, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Taurus: Senin 5 Februari 2024, Anda Akan Didekati Oleh Orang-orang yang Paling Tidak DiharapkanRamalan Zodiak Aries hari: Senin 5 Februari 2024, Kesehatan Membaik! Tetap Jaga Pola Makan Anda

Bawang putih bisa menekan pertumbuhan kanker dengan cara menghambat aktivitas enzim yang berperan dalam sintesis DNA sel kanker, menghambat peradangan yang bisa memicu kanker, dan mengaktifkan gen p53 yang berfungsi sebagai pengawas kanker.

Kegunaan Bawang Putih bagi Kecantikan

Bawang putih tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga bagi kecantikan. Beberapa kegunaan bawang putih bagi kecantikan adalah:

– Mengobati jerawat. Bawang putih bisa mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan, dan mengeringkan jerawat. Caranya, oleskan bawang putih yang sudah di haluskan pada jerawat, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

– Mengatasi rambut rontok. Bawang putih bisa mengatasi rambut rontok dengan cara merangsang pertumbuhan rambut, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan mengurangi ketombe.

Caranya, campurkan bawang putih yang sudah di haluskan dengan minyak zaitun, pijatkan pada kulit kepala, diamkan selama 20 menit, lalu keramas dengan sampo.

– Mencerahkan kulit. Bawang putih bisa mencerahkan kulit dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi pigmentasi, dan mencegah penuaan dini. Caranya, campurkan bawang putih yang sudah di haluskan dengan madu, oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

– Menghilangkan bekas luka. Bawang putih bisa menghilangkan bekas luka dengan cara mempercepat penyembuhan luka, merangsang pembentukan kolagen, dan mengurangi peradangan. Caranya, oleskan bawang putih yang sudah di haluskan pada bekas luka, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kesimpulan

Bawang putih adalah rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan dan kecantikan. Bawang putih mengandung zat gizi dan antioksidan yang bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko kanker, serta mengatasi jerawat, rambut rontok, dan bekas luka. Agar manfaat bawang putih bisa optimal, perhatikan aturan dan cara mengonsumsinya. Bawang putih bisa di konsumsi dalam bentuk mentah, di masak, atau di ekstrak.***

0 Komentar