Masyarakat Indonesia Patut Berbangga Hati! Inilah Deretan Makanan Indonesia yang Mendunia, Sudah Coba Semuanya?

Masyarakat Indonesia Patut Berbangga Hati! Inilah Deretan Makanan Indonesia yang Mendunia, Sudah Coba Semuanya?
Makanan Indonesia yang Mendunia (Dapur Kobe/ Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Rendang merupakan salah satu dari deretan makanan Indonesia yang mendunia. Sebagai salah satu makanan yang telah mendunia, rendang memang di buat dengan berbagai rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Namun selain rendang, ada juga deretan makanan lainnya yang berhasil menembus kancah internasional.

Deretan makanan tersebut, berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang di usungnya, salah satunya nampak pada bagian cita rasanya yang otentik sehingga menyajikan suatu hidangan yang mampu menarik perhatian.

Kekayaan bumbunya yang melimpah, membuat hidangan dari Indonesia mampu menghasilkan rasa yang lezat dan mudah di terima di berbagai negara. Penasaran, apa saja makanan lainnya selain rendang yang berhasil di kenal oleh masyarakat dari seluruh dunia? Berikut selengkapnya seperti yang di rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Ide Makanan Berkuah untuk Disantap Saat Musim Hujan, Bukan Hanya Hangat Tapi Juga Nikmat!Apa Itu Alergi Makanan dan Apa Saja Makanan yang Menyebabkan Alergi? Simak Info Selengkapnya

Makanan Indonesia yang Mendunia

1. Rendang

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, rendang menjadi salah satu identitas kuliner dari Indonesia yang populer. Bahkan, berdasarkan info yang di dapat, rendang masuk ke dalam kategori makanan terlezat di dunia pada ajang  “World’s 50 Most Delicious Foods” oleh CNN International di tahun 2011.

Hidangan yang berasal dari Sumatera Barat ini, di buat dengan menggunakan daging sapi yang di masak lama. Memadukan rempah-rempah yang kaya sehingga menghasilkan rasa yang khas karena bagian bumbunya yang telah meresap ke dalam daging.

2. Pecel

Pecel merupakan hidangan dari Indonesia yang dinobatkan sebagai hidangan salad terenak di dunia versi Taste Atlas. Hidangan ini biasanya di buat dengan menggunakan sayuran segar yang telah di rebus, kemudian di siram menggunakan sambal kacang.

Pecel juga biasa disajikan dengan menggunakan nasi agar lebih nikmat dan tentunya membuat perut kenyang. Ada berbagai macam pecel yang tersedia di Indonesia. Mulai dari pecel semanggi, pecel Madiun, pecel ndeso, pecel kecombrang, pecel gudeg, dan masih banyak lagi.

3. Tempe

Makanan Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu tempe karena telah di akui oleh UNESCO. Makanan ini biasa di olah menjadi bentuk menu harian (lauk pauk), namun bisa juga di olah menjadi sebuah bentuk camilan. Dengan teksturnya yang padat, membuat tempe mudah di olah menjadi berbagai resep dan mudah di terima oleh lidah pecinta kuliner di berbagai negara.

Selain bisa di olah menjadi bentuk apapun, tempe juga di kenal mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Tempe di kenal memiliki kandungan protein yang tinggi, antioksidan, kalsium, vitamin B12, hingga nutrisi lainnya. Bahkan, tempe juga cocok menjadi salah satu menu diet karena rendah lemak.

4. Lumpia

Selain tempe, lumpia juga menjadi makanan selanjutnya yang di akui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2014. Makanan ini biasanya mudah ditemukan di Semarang. Terbuat dari kulit lumpia yang berisi rebung muda dengan tambahan saus kental sebagai ‘cocolan’.

Baca Juga:Waduh! Hindari Konsumsi Teh dan Makanan Ini, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan!6 Kombinasi Makanan yang Berbahaya Bagi kesehatan, Sebaiknya Dihindari Agar Terhindar dari Efek yang Tak Mengenakkan!

Namun lumpia juga di kenal dengan isian lainnya seperti sayur-sayuran dan daging. Kemudian bisa juga di tambah dengan saus atau tambahan lainnya sebagai pelengkapnya. Misalnya dengan menggunakan saus cabai, atau bisa juga dengan menggunakan cabai rawit.

5. Batagor

Siapa sangka, bakso tahu goreng yang merupakan makanan khas Bandung ini, menjadi salah satu makanan ringan terlezat di dunia versi Taste Atlas. Jajanan ini kerap disajikan bersama sambal kacang yang menjadi pelengkapnya. Cocok untuk jadi ide camilan maupun ide jualan.

Selain beberapa makanan di atas yang telah disebutkan, ada juga makanan Indonesia lainnya yang telah mendunia. Seperti sate, nasi goreng, gudeg, pempek, rawon, nasi padang, dan makanan-makanan lainnya.

0 Komentar