Ide Makanan Berkuah untuk Disantap Saat Musim Hujan, Bukan Hanya Hangat Tapi Juga Nikmat!

Makanan Berkuah ([email protected])
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menyantap makanan berkuah dalam kondisi hangat akan terasa nikmat, terutama ketika sedang musim hujan. Pasalnya, saat musim hujan, udara akan terasa dingin dan makanan hangat akan menjadi ‘penolong’ yang mampu menghangatkan tubuh.

Namun selain nikmat untuk di santap saat musim hujan, hidangan ini juga cocok untuk di santap sebagai menu makanan pendamping, bisa untuk nasi saja ataupun lontong saja bahkan di makan sendiri. Hidangan ini juga dapat di santap untuk menjadi lauk makanan. Baik itu untuk menu makan pagi, siang, maupun malam; tergantung sesuai selera.

Di Indonesia, sajian hidangan dengan kuah ini, tak hanya sekedar hangat. Namun juga menggunakan rempah dan bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Berikut ini, daftar hidangan berkuah di Indonesia dengan rasanya yang nikmat.

Baca Juga:Apa Itu Alergi Makanan dan Apa Saja Makanan yang Menyebabkan Alergi? Simak Info SelengkapnyaWaduh! Hindari Konsumsi Teh dan Makanan Ini, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan!

Deretan Makanan Berkuah

1. Rawon

Sup daging sapi berbumbu yang mempunyai kuah berwarna hitam ini, di buat dengan menggunakan kluwek yang menjadi sumber warna hitam pada kuahnya. Pada hidangan ini, di olah dengan bumbu dan rempah, serta didalamnya terdapat isian berupa tauge, di samping isian lainnya berupa irisan daging sapi.

Kemudian, rawon juga akan di beri pelengkap lainnya yang biasanya di tambahkan dalam penyajiannya. Biasana, rawon di sajikan juga dengan telur asin rebus, kerupuk udang, dan sambal segar yang membuat sensasi saat menyantap rawon terasa semakin nikmat.

2. Soto Betawi

Rasanya yang gurih dan creamy, membuat soto betawi menjadi salah satu makanan yang cukup di gemari. Soto betawi di buat dengan menggunakan kuah santan atau biasanya di tambah dengan susu, yang berisi potongan daging sapi dengan berbagai bumbu dan rempah.

Soto betawi cocok untuk di nikmati saat hangat dengan tambahan emping dan nasi putih. Jika doyan pedas, maka jangan lupa untuk menambahkan sambal segar agar memberikan rasa lebih pedas di dalam soto betawi.

3. Sop Buntut

Makanan berkuah lainnya yang cocok untuk di santap saat musim hujan yaitu sop buntut. Hidangan ini berisi potongan buntut sapi yang di masak dengan menggunakan tambahan sayuran seperti wortel dengan bagian kuahnya yang menggunakan kaldu sapi.

4. Tongseng

Tongseng merupakan sebuah hidangan yang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Namun tak jarang, ada juga yang membuatnya dengan rasa pedas, sehingga bisa tergantung dengan selera. Hidangan ini kerap dianggap sebagai gulai karena nampak mirip.

Biasanya, tongseng di masak dengan cara mengoseng daging dengan beberapa bahan lainnya seperti bawang putih, kol, dan tomat. Kemudian di beri bumbu berupa lada, garam, cabai rawit, kecap, dan bumbu-bumbu lainnya.

Baca Juga:6 Kombinasi Makanan yang Berbahaya Bagi kesehatan, Sebaiknya Dihindari Agar Terhindar dari Efek yang Tak Mengenakkan!Cegah Anemia! Ketahui, 6 Makanan untuk Penambah Darah Mulai dari Sumber Pangan Hewani Hingga Nabati

5. Sup Ayam

Sup ayam merupakan hidangan yang sering di buat karena mudah dan biasanya cocok untuk di nikmati saat sedang sakit. Hidangan ini bukan hanya berisi ayam saja, namun juga dengan tambahan berbagai sayuran seperti buncis, wortel, dan sayuran lainnya. Selain menghangatkan, sup ayam juga dapat memberikan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

6. Bakso

Makanan berkuah lainnya yang dapat menghangatkan tubuh yakni bakso. Hidangan ini kerap di cari saat hujan datang karena cocok untuk di santap saat hujan, apalagi jika di santap dalam keadaan yang hangat. Kuah bakso bukan hanya menghangatkan tubuh, namun juga terasa lezat karena bumbunya yang gurih dan segar.

Bakso yang merupakan daging sapi dengan bentuk bulat, telah berinovasi menjadi beragam varian. Bakso kini telah diisi dengan berbagai isian yang diantaranya bakso dengan isian keju mozarella, bakso dengan isian cabai (bakso mercon), bakso dengan isian telur rebus, dan masih banyak lagi.

Selain beberapa makanan di atas, ada juga makanan lainnya seperti aneka soto (soto ayam, soto bening, soto bandung, dan lainnya), mie godog, sayur asem, sayur lodeh, empal gentong, dan masih banyak lagi.

0 Komentar