Resep dan Cara Membuat Semur Ayam Istimewa

Semur Ayam/ ilustrasi foto: allofresh.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TVSemur Ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa manis dan gurihnya. Semur ini terbuat dari potongan daging ayam yang dimasak dalam bumbu yang kaya akan rempah-rempah, gula merah, dan kecap manis. Berikut ini adalah resep dan cara membuat Semur Ayam istimewa yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  1. 500 gram daging ayam, potong sesuai selera
  2. 3 siung bawang putih, cincang halus
  3. 5 buah bawang merah, iris tipis
  4. 2 batang serai, memarkan
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 3 sendok makan kecap manis
  8. 2 sendok makan kecap inggris
  9. 1 sendok makan saus tomat
  10. 2 sendok makan gula merah, sisir halus
  11. 500 ml air
  12. Minyak untuk menumis
  13. Garam secukupnya
  14. Merica secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Siapkan Bahan-Bahan: Pastikan semua bahan yang dibutuhkan telah disiapkan dan diukur dengan tepat sebelum memulai proses memasak.
  2. Tumis Bumbu: Panaskan sedikit minyak dalam wajan atau panci besar. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kecokelatan.
  3. Tambahkan Serai, Daun Salam, dan Lengkuas: Setelah bawang telah harum, tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas ke dalam tumisan. Aduk rata dan biarkan rempah-rempah tersebut melepaskan aromanya.
  4. Masukkan Potongan Ayam: Setelah rempah-rempah mulai harum, tambahkan potongan daging ayam ke dalam wajan atau panci. Aduk-aduk hingga daging ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.
  5. Tambahkan Kecap Manis, Kecap Inggris, Saus Tomat, dan Gula Merah: Tuangkan kecap manis, kecap inggris, saus tomat, dan gula merah ke dalam wajan atau panci. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna dan daging ayam terbalut oleh bumbu-bumbu tersebut.
  6. Tuangkan Air: Setelah bumbu dan daging ayam tercampur dengan baik, tuangkan air ke dalam wajan atau panci. Pastikan air cukup menutupi semua bahan.
  7. Masak hingga Matang: Biarkan semur ayam mendidih dengan api sedang. Tutup wajan atau panci dan biarkan semur ayam tersebut matang dan bumbunya meresap ke dalam daging ayam.
  8. Koreksi Rasa: Setelah semur ayam matang, cicipi dan koreksi rasanya sesuai selera dengan menambahkan garam dan merica secukupnya.
  9. Sajikan: Semur Ayam istimewa siap di sajikan. Anda dapat menyantapnya langsung sebagai hidangan utama atau sebagai pelengkap nasi putih hangat.

Tips Tambahan:

  • Untuk hasil yang lebih lezat, biarkan semur ayam meresap dalam bumbu minimal selama 30 menit sebelum di masak.
  • Jika suka, Anda dapat menambahkan potongan kentang atau wortel ke dalam semur ayam untuk variasi tekstur dan rasa.
  • Pastikan memilih daging ayam yang segar dan berkualitas untuk hasil semur ayam yang lezat dan lembut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat resep Semur Ayam istimewa di rumah. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta!. ***

0 Komentar