Macam-macam Makanan Khas Jawa Tengah, Mulai dari Makanan Ringan Hingga Makanan Berat

lumpia
Makanan Khas Jawa Tengah (shutterstock)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Makanan khas Jawa Tengah, konon mempunyai ciri yang menjadi pembeda dengan wilayah lainnya. Ciri tersebut berada pada segi rasa dan komposisi bumbu yang digunakan. Adapun segi rasa yang tercipta yakni cenderung manis.

Selain mempunyai rasa yang cenderung manis, ada juga yang menyebutkan jika makanan khas Jawa Tengah dominan menggunakan santan dan bawang putih. Dengan penambahan santan dan bawang putih yang dominan, membuat cita rasa makanan terasa lebih kaya dan sedap.

Makanan khas Jawa Tengah pun memiliki beragam pilihan. Ada makanan ringan hingga makanan berat dapat dijumpai ketika sedang berada di Jawa Tengah. Berikut ini, deretan makanan yang bisa dicoba saat berada di Jawa Tengah.

Baca Juga:Jangan Tunggu Sampai Terjadi Kerusakan! Inilah, 5 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Otak8 Makanan Pengganti Nasi dengan Kalori yang Rendah Bagi Kamu yang Berencana Diet

Makanan Khas Jawa Tengah

1. Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan camilan yang terbuat dari tempe yang dimasak dengan menggunakan bumbu serta rempah yang khas. Makanan ini merupakan sajian dari Banyumas Jawa Tengah yang dibalut dengan menggunakan lapisan tepung encer dan irisan daun bawang.

Tempe mendoan dimasak dengan cara digoreng dalam waktu yang singkat sampai setengah matang. Kemudian, penyajiannya menggunakan celupan sambal kecap pedas atau bisa juga dengan menggunakan cabai rawit hijau dengan rasa yang pedas.

2. Selat Solo

Selat Solo merupakan makanan khas dari Solo yang konon menjadi  bentuk warisan kependudukan Belanda. Makanan ini disajikan dalam bentuk bistik Jawa yang dilengkapi dengan sayuran, seperti halnya steak pada umumnya yang biasanya ditemui.

Selat Solo terbuat dari daging olahan yang dilengkapi dengan kentang, buncis, wortel, ketimun, telur, selada, kuah kecap, dan saus mayones. Kemudian disajikan dalam kondisi dingin dan terdapat irisan telur. Mengenai cita rasanya yakni terasa manis, asam, dan gurih dengan balutan kecap yang diberi pada daging sehingga menghasilkan warna cokelat. 

3. Bandeng Presto

Jika berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan makanan yang satu ini. Bandeng presto merupakan kuliner dari Kota Semarang, Jawa Tengah yang telah populer di Indonesia. Selain itu, bandeng presto juga menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak digemari. 

Berbeda dengan ikan lainnya, bandeng presto dimasak dengan cara direbus menggunakan panci bertekanan tinggi yang membuat duri dan tulangnya menjadi lunak. Kemudian diberi bumbu yang akan menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. 

4. Lumpia

Sama seperti bandeng presto, lumpia juga merupakan makanan khas dari kota Semarang yang sudah populer di Indonesia. Lumpia Semarang terbuat dari rebung dengan suwiran daging ayam atau sapi dengan cocolan berupa saus manis, saus cabai, cabai rawit atau bawang kucai.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah! Ini Dia, Pilihan Wadah yang Aman untuk Menyimpan MakananSebaiknya Hindari! Berikut Ini, Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Lagi untuk Terhindar dari Efek yang Kurang Baik Bagi Kesehatan

5. Garang Asem

Cita rasa garam asem yang cenderung pedas dan asam, membuat makanan ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Makanan ini terbuat dari ayam dan dicampur dengan berbagai macam bahan dan bumbu. Cita rasa asam yang dihasilkan dari garang asem, berasal dari pemakaian belimbing wuluh.

6. Kupat Glabed

Makanan ini sekilas mirip dengan opor, hanya saja mempunyai kuah dengan tekstur yang lebih kental. Disajikan dengan menggunakan ketupat dan kuah kuning yang terasa gurih dan segar serta menggunakan taburan kerupuk kuning yang dicampur dengan bawang goreng.

Bahan yang digunakan untuk membuat kupat glabed tidaklah sulit. Bahan-bahan yang digunakan yakni berupa rempah-rempah dan bahan dapur seperti empon-empon, garam, gula, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan tomat merah dan ketupat.

7. Wajik

Camilan manis asal kota Magelang, Jawa Tengah ini terbuat dari campuran ketan, gula, dan kelapa yang dipotong dengan bentuk menyerupai belah ketupat. Mempuyai tekstur yang kenyal dengan rasanya manis, membuat wajik menjadi salah satu camilan yang disukai dan cocok untuk teman minum teh.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, ada lagi macam-macam makanan khas Jawa Tengah lainnya seperti nasi grombyang, jenang, getuk goreng, sotong ireng, soto Sokaraja, telor asin, dan masih banyak lagi.

 

 

 

 

 

 

0 Komentar