Aktivitas Penggunaan IKD Masih Rendah

0 Komentar

Penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Cirebon masih sangat rendah. Dari data yang dihimpun oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), hanya tiga kecamatan yang menunjukkan tingkat penggunaan IKD yang baik.

Masih rendahnya penggunaan atau aktivitas IKD ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya sumber daya manusia. Saat ini, hanya beberapa kecamatan di wilayah perbatasan yang memiliki tingkat aktivitas penggunaan IKD yang cukup tinggi, meskipun angka tersebut hanya mencapai sekitar delapan persen.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon menjelaskan bahwa untuk skala kabupaten, aktivitas penggunaan IKD baru mencapai tiga persen. Meskipun demikian, hal ini dianggap cukup baik dengan memperhitungkan jumlah penduduk di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:TPS Kampung Benda Kerep Gunakan Tinta KunyitPertama Nyoblos di Pemilu 2024

Disdukcapil Kabupaten Cirebon diberikan target oleh Pemerintah Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri untuk terus mendorong penggunaan IKD agar mencapai angka 25 persen. Mereka berencana untuk secara bertahap meningkatkan sosialisasi penggunaan IKD kepada masyarakat.

Di sisi lain, salah satu faktor rendahnya penggunaan IKD di Kabupaten Cirebon adalah masih sedikitnya masyarakat lanjut usia yang menggunakan ponsel. Meskipun begitu, Disdukcapil juga mendorong sektor lain untuk aktif menggunakan Identitas Kependudukan Digital.

0 Komentar