TPS Kampung Benda Kerep Gunakan Tinta Kunyit

TPS Kampung Benda Kerep Gunakan Tinta Kunyit
0 Komentar

Warga RW 11 Kampung Benda Kerep di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, antusias menyambut pelaksanaan Pemilihan Umum pada Rabu pagi. Berbeda dengan TPS pada umumnya yang menggunakan tinta ungu, di Kampung Benda Kerep mereka menggunakan tinta berbahan kunyit.

Seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 65 RW 11 Kampung Benda Kerep di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon pada Rabu pagi, suasana khidmat dan tertib saat proses pencoblosan berlangsung.

Usai mencoblos, warga mencelupkan salah satu jarinya ke tinta kunyit sebagai tanda bahwa pemilih telah mencoblos. Salah seorang pemilih mengatakan, tinta kunyit sebagai tanda bahwa pemilih telah mencoblos memberikan nuansa tradisional dan identitas budaya lokal pada pemilihan.

Baca Juga:Bupati Cirebon Gunakan Hak Pilihnya di TPS Desa DawuanPenampakan TPS Unik di Kawunghilir

Tentunya Kampung Benda Kerep yang kental dengan nuansa pesantren, dipercaya tinta kunyit tidak menghalangi syarat sah wudhu. Selain itu, tinta kunyit menjadi kearifan lokal yang rutin digelar setiap pemilu.

Meskipun cuaca sedikit mendung, namun hal itu tidak menyurutkan semangat warga untuk menggunakan hak pilihnya. Mereka rela antre dan menunggu giliran dengan sabar demi melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

0 Komentar