Iritasi Pada Ketiak, Ternyata ini Penyebab Ketiak Kamu Mudah Menghitam Cari Tahu Cara Mengatasinya

menghitam.jpg
marvee.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin kebanyak orang menganggap bahwa ketiak yang menghitam ini ini akibat kebiasaan mencukur bulu ketiak. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ketiak hitam ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal yang lainnya. Kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebab ketiak menghitam.

Mungkin yang seharusnya kulit ketiak sama seperti warna kulit bagian tubuh lainnya, namun ada beberapa orang yang memiliki kulit ketiak tampak menghitam. Kulit ketiak hitam bisa membuat rasa percaya diri kamu menurun. Yuk, cari tahu penyebab kulit ketiak kamu menghitam.

Penyebab Kulit Ketiak Kamu Menghitam

1. Infeksi Bakteri

Kulit ketiak yang menghitam ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika seseorang mudah berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan obesitas. 

Baca Juga:Enggak Perlu Laser, 5 Tips Mencerahkan Ketiak Hitam Secara Alami dengan Bahan-Bahan yang Mudah DitemukanBukan Deodorant! Berikut 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Ketiak, Ada Baking Soda Juga

2. Iritasi Kulit Ketiak

Penyebab kulit ketiak kamu menghitam ini bisa karena iritasi kulit ketiak. Alasannya karena kamu sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak. Ternyata hal tersebut bisa membuat kulit kamu mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan.

3. Acanthosis Nigricans

Kulit ketiak yang menghitam ini juga bisa disebabkan karena penyakit, yaitu acanthosis nigricans. Orang yang memiliki kondisi ini nantinya akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Bahkan munculnya tidak hanya di ketiak, melainkan juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha.

Munculnya Acanthosis nigricans ini disebabkan karena, kelebihan berat badan, diabetes tipe 2, Gangguan hormon, seperti pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS). Serta adanya efek samping  obat-obatan yang bisa memengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid.

Cara Menghilangkan Kulit Ketiak Hitam

1. Menggunakan Bahan Alami

Setelah kamu mengetahui penyebab dari kulit ketiak yang menghitam, saatnya untuk menghilangkannya. Ada bahan alami yang dipercaya bisa mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Kamu bisa menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk.

Pembuatan maskernya, iris dan haluskan menjadi jus bahan alami pembersih ketiak hitam. Setalah itu, oleskan masker tersebut ke ketiak. Kemudian, tunggu beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Untuk kamu yang memproduksi keringat berlebih bisa menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. Jika suhu panad dan kelembapan di kulit ketiak, serta kurangnya menjaga kebersihan tubuh bisa memudahkan kuman untuk tumbuh subur di ketiak. Hal ini dapat mengakibatan ketiak menjadi hitam.

Maka dari itu, untuk cara mengatasinya dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat, serta jangan lupa mandi setiap kali tubuh berkeringat atau kotor. 

Baca Juga:Bikin Minder, 5 Tips Cara Mengatasi Ketiak Supaya Tidak Bau Pakailah AntiperspiranMampu Meningkatkan Kesuburan! Ini Dia 5 Khasiat Jahe Merah untuk Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Kulit ketiak yang hitam ini bisa disebabkan karena penyakit acanthosis nigricans. Untuk penanganannya bisa dengan mengobati akar masalahnya. Misalnya jika disebabkan oleh obesitas, maka pengobatannya dengan menurunkan berat badan. Sedankan jika karena kelainan hormon, maka bisa diatasi menggunakan obat-obatan untuk memperbaiki kadar hormon.

***

0 Komentar