Jangan Salah! 5 Makanan Beraroma Menyengat Ini Rupanya Kaya Manfaat dengan Beragam Kandungan Nutrisi

petai
Makanan Beraroma Menyengat yang Kaya Manfaat (SHUTTERSTOCK/ZahyMaulana)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Makanan beraroma menyengat mungkin akan kurang bersahabat bagi sebagian orang. Pasalnya, untuk sebagian orang yang tak menyukainya, mencium baunya saja sudah membuat mual. Apalagi, jika memakannya.

Meskipun makanan beraroma menyengat mempunyai bau yang dapat membuat hidung terasa tak nyaman, tapi rupanya kaya akan manfaat. Tentunya manfaat tersebut dapat dirasakan efeknya untuk kesehatan tubuh bagi yang mengonsumsinya.

Hanya saja, deretan makanan yang beraroma menyengat tersebut, tak baik jika dikonsumsi berlebihan karena akan berdampak pada risiko kesehatan. Penasaran ingin mengetahui apa saja daftar makanan yang dimaksud? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga:10 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Beragam, Mulai dari Wisata Alam Hingga Wisata yang Cocok untuk AnakMengenal Lebih Banyak Mengenai Makanan Ultra Proses, Dampaknya Bagi Kesehatan dan Macam-macamnya

Daftar Makanan Beraroma Menyengat yang Kaya Manfaat

1. Petai

Petai merupakan salah satu bahan pangan yang kerap diolah menjadi bentuk makanan hingga dimakan sendiri untuk menjadi pendamping makanan seperti lalapan. Biasanya, petai akan digunakan untuk mengolah makanan berupa sambal goreng untuk memberikan rasa sedap.

Ada beragam manfaat petai bagi kesehatan tubuh. Seperti mengonntrol gula darah, menyehatkan kantung hingga saluran pencernaan. Walaupun memiliki banyak manfaat, namun petai tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan karena berisiko merusak ginjal.

2. Jengkol

Walaupun jengkol memiliki bau yang tak sedap, namun jengkol memiliki kandungan nutrisi berupa kandungan vitamin C. Bahkan, jengkol juga mengandung senyawa fenolik yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi.

Beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan dari jengkol yakni menjaga daya tahan tubuh, melancarkan buang air besar, mencegah penyakit kanker dan lain-lain. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai mengonsumsinya berlebihan karena berpotensi terjadi gangguan pada ginjal.

3. Natto

Makanan Jepang yang sempat viral di Indonesia ini, terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang nampak berwarna cokelat. Mempunyai aroma khas seperti keju namun lebih menyengat dan memiliki tekstur yang lengket.

Namun dibalik itu semua, natto mempunyai kandungan yang beragam seperti serat, berbagai vitamin, mineral hingga berbagai makronutrien yang penting bagi tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi natto yakni menyehatkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lainnya.

4. Mengkudu

Mengkudu atau buah pace merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki bau menyengat. Dalam kandungan jus buah pace, terdapat berbagai mineral seperti zat besi, potasium, tembaga, magnesium, dan lainnya. Selain itu, buah pace juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Juga:Hati-hati, Bisa Bikin Munculnya Gangguan Pencernaan! Inilah Daftar Makanan yang Sulit untuk DicernaTak Hanya Gudeg! Inilah, 9 Makanan Khas Yogyakarta Lainnya yang Patut untuk Dicoba

Meskipun baunya menyengat, buah pace mampu memberikan efek baik bagi kesehatan. Seperti meredakan nyeri sendi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu untuk mengelola tekanan darah.

5. Durian

Buah berduri dengan baunya yang khas ini, menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang. Namun tak sedikit pula, orang yang tak menyukainya lantaran baunya yang cukup menyengat. Walaupun demikian, durian rupanya memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Durian mempunnyai kandungan vitamin dan mineral penting yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya perubahan sel abnormal, mencegah penuaan dini, hingga bisa mencegah anemia. Hanya saja, durian sebaiknya tak dikonsumsi oleh pengidap tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

 

 

 

 

 

0 Komentar