Bunda Yuk lakuin Sekarang Juga ! 7 Cara Mencegah Stunting.

Foto
Foto/Penykit Suntik (https://www.herminahospitals.com/)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv- Banyak Orang yang menyadari bahwa stunting adalah masalah kesehatan yang berisiko tinggi dan dapat memengaruhi pertumbuhan anak hingga dewasa, Anda tentu perlu mengenal berbagai usaha pencegahannya.

Simak beberapa tindakan preventif yang dapat di lakukan untuk mencegah stunting. Tindakan pencegahan ini sebaiknya di lakukan sebelum, saat, dan sesudah masa kehamilan.

Mengingat stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup membahayakan, memahami faktor penyebab stunting sangat penting untuk di lakukan.

Baca Juga:Bunda ! Kenali paktor Penyab Penyakit Stunting Pada Bayi dan Anak Anak.Dosis, dan Jadwal Vaksinasi Hepatitis Buat Anak dan Orang Dewasa ! Yuk Simak Disini.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan langkah-langkah preventif untuk menghindarinya. Berikut ini beberapa faktor penyebab stunting yang perlu Anda ketahui:

  • Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya
  • Pertumbuhan tubuh dan gigi yang terlambat
  • Memiliki kemampuan fokus dan memori belajar yang buruk
  • Pubertas yang lambat
  • Saat menginjak usia 8-10 tahun, anak cenderung lebih pendiam dan tidak banyak melakukan kontak mata dengan orang sekitarnya
  • Berat badan lebih ringan untuk anak seusianya

Banyak Orang Yang Menyakan cara pencegahan Penyakit Sunting,Untuk itu yuk bunda cari tahu. bagaimana cara pencegahanya.

Bagaimana Cara Mencegah Stunting?

1. Pahami Konsep GiziPastikan Anda mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap hari, terlebih saat masa kehamilan. Pahami konsep gizi dengan baik dan terapkan dalam pola asuh anak.

2. Pilihan Menu BeragamUpayakan untuk selalu memberi menu makanan yang beragam untuk anak. Jangan lupakan faktor gizi dan nutrisi yang dibutuhkan mereka setiap harinya.

Saat masa kehamilan dan setelahnya, ibu pun perlu mendapatkan gizi yang baik dan seimbang agar dapat menghindari masalah stunting.

3. Pemeriksaan RutinSelama masa kehamilan, ibu perlu melakukan check up atau pemeriksaan rutin untuk memastikan berat badan sesuai dengan usia kehamilan.

 Ibu hamil juga tidak boleh mengalami anemia atau kekurangan darah karena akan memengaruhi janin dalam kandungan.

Baca Juga:9 Tips Hidup Sehat Yang Bisa di Jalani Oleh Penderita Hepatitis B Baik Untuk bayi Atau Orang Dewasa.5 Langkah Mencegah Hepatitis B,Apa Itu Yuk Simak Sekarang Juga.

Kontrol tekanan darah ini bisa di lakukan saat check up rutin.

4. Pentingnya ASIAir susu ibu (ASI) mengandung banyak gizi baik yang dapat menunjang pertumbuhan anak.

Dalam ASI, terdapat zat yang dapat membangun sistem imun anak sehingga menjauhkan mereka dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah stunting.

5. Konsumsi Asam FolatAsam folat berperan penting untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Zat ini juga dapat mengurangi risiko gangguan kehamilan hingga 72%. Dengan asupan asam folat, kegagalan perkembangan organ bayi selama masa kehamilan juga bisa di cegah.

6. Tingkatkan KebersihanSakit infeksi yang berulang pada anak di sebabkan oleh sistem imunitas tubuh yang tidak bekerja secara maksimal.

Saat imunitas tubuh anak tidak berfungsi baik, maka risiko terkena berbagai jenis gangguan kesehatan, termasuk stunting, menjadi lebih tinggi.

 Karena stunting adalah penyakit yang rentan menyerang anak, ada baiknya Anda selalu memastikan imunitas buah hati terjaga sehingga terhindar dari infeksi.

7. Faktor SanitasiFaktor sanitasi dan akses air bersih menjadi salah satu fokus yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stunting pada anak.

Jagalah kebersihan diri dan lingkungan agar tidak ada bakteri, jamur, kuman, dan virus yang mengontaminasi tubuh Anda dan si kecil.

Anda juga disarankan selalu memperhatikan kebersihan tubuh maupun tangan.

Sebab, apabila tangan kotor, bukan tidak mungkin kuman menjangkiti makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan masalah kurang gizi.

Dalam waktu lama, masalah kurang gizi yang berkepanjangan tersebut dapat menyebabkan stunting.

Itu dia beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi penyakit sunting pada anak anak,yuk untuk itu sadari dan mulai pencegahan dari sekarang juga.

0 Komentar