Penyakit listeriosis Yang Di Sebabkan Oleh Jamur Ekoni,Yuk Simak Cara membersihkan Jamur Enoki !

Foto
Foto/jamur enoki(sajiansedap.grid.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv- Semua orang pasti tahu doang dengan yang namnaya Jamur enoki belakangan menjadi perhatian karena mengandung bakteri. Mari ketahui cara membersihkan jamur ini sebelum di santap.

 Jamur enoki nama lain dari Listeria monocytogenes bisa menyebabkan penyakit infeksi usus bernama listeriosis.

Penyakit listeriosis berbahaya bagi ibu hamil maupun orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, seperti lansia serta orang dengan komplikasi penyakit penyerta. Listeriosis dapat menyebabkan gejala, seperti demam, menggigil, diare, mual, dan nyeri otot. Pada ibu hamil, infeksi bakteri Listeria bisa memicu persalinan prematur, keguguran, ataupun kematian janin setelah melahirkan. Untuk menghindari bahaya bakteri Listeria, ada baiknya kamu mengetahui cara membersihkan jamur enoki sebelum kamu menyantapnya, berikut penjelasannya:

Baca Juga:manpaat kumis kucing dapat mengatasi masalah penyakit ginjal dan saluran kemih ternyata ini manpaat lainnya !

  1. Cuci dengan Bersih

    Sebelum mengolah jamur enoki, pastikan kamu mencucinya dengan bersih. Cara mencuci jamur enoki adalah dengan menggunakan air mengalir yang bersih. Gunakan pula wadah bersih untuk mencuci jamur. 

    Kamu juga bisa menggunakan air panas untuk mencuci jamur enoki. Air panas membantu menghilangkan bakteri Listeria pada jamur. 

  2. Masak Sampai Matang

    Cara memasak jamur enoki agar tidak beracun adalah dengan memasaknya hingga matang. Masak jamur dengan cara di rebus hingga mendidih. Gunakan air bersih untuk merebus jamur ya! 

    Jangan biarkan jamur enoki di makan dalam kondisi yang tidak matang.

  3. Jangan Terlalu Lama Di simpanKelamaan menyimpan jamur enoki justru bisa membuat bakteri Listeria berkembang dengan mudah. Jadi, sebisa mungkin hindari menyimpan makanan satu ini terlalu lama. 

    Ciri jamur enoki yang sudah tidak layak di konsumsi, yaitu layu, warnanya berubah, dan berair. Buang jamur jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut.

    Nah, jika kamu membeli jamur enoki yang di bekukan, konsumsilah sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa di kemasan.

    Baca Juga:manpaat tidur siang bagi anak anak dalam tumbuh kembangnya bisa meningkatkan kecerdasannya loh bunda !5 bagian daging steak yang enak dan juicy,yang wajib kalian coba !

  4. Pastikan Kulkas Dalam Keadaan BersihBila kamu ingin menyimpan jamur enoki sebelum di olah, pastikan kulkas dalam keadaan bersih. Hal ini berlaku tidak hanya ketika menyimpan jamur enoki.

    Kamu juga harus menjamin kebersihan kulkas ketika menyimpan makanan jenis apa pun.

  5. Dinginkan dengan Suhu yang TepatSelain menerapkan cara membersihkan jamur enoki yang tepat, perhatikan pula tempat penyimpanan jamur. Pastikan suhu tempat penyimpanan sesuai.

    Idealnya, suhu lemari pendingin ada di angka 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Sementara untuk freezer, atur suhunya di angka -18 derajat Celcius.

  6. Cuci Tangan dan Peralatan Masak kamuMencuci tangan sangat penting di lakukan ketika mengolah makanan, termasuk jamur enoki. Cuci tangan kamu sebelum dan setelah masak menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

    Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan masak, seperti pisau, piring, sendok, dan talenan, setelah di gunakan.

     Itu dia 6 bahaya dari Jamur enoki bisa beracun bagi manusia jika tidak di bersihkan dan di olah dengan tepat bisa membahayakan tubuh kita.

0 Komentar