Sudah Tahu Jenisnya: Mari Cari Tahu Apa yang Dimaksud Freon AC? Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Foto
Foto/Freon AC (blibli.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Air conditioner, juga dikenal sebagai AC, adalah alat pendingin ruangan yang sering kita gunakan setiap hari. Dibandingkan dengan alat pendingin lain seperti kipas angin, prinsip kerja dan susunan komponennya lebih kompleks. karena AC bergantung pada freon untuk membuat udara lebih dingin.

Meskipun kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah freon AC, sudahkah kamu memahami apa itu freon AC? Jika belum, penjelasan tentang freon AC, serta fungsi dan cara kerjanya, dapat ditemukan dalam ulasan berikutnya.

1. Apa definisi freon AC?

Salah satu jenis gas yang banyak digunakan dalam sistem pendingin udara seperti AC adalah freon. Gas ini membantu AC bekerja dengan menurunkan suhu ruang secara siklus.

Baca Juga:Dadah Iklan! Inilah 9 Metode atau Cara untuk menghapus Iklan Pada HP Android Berbagai MerekHP Resmi Liga Mobile PUBG: Inilah Infinix GT 20 Pro Resmi Rilis dengan Desain Cyber Mecha, Layar 144 Hz

Gas tak berwarna ini menyerap panas dari udara di dalam ruangan, mengubahnya menjadi gas, dan kemudian kembali ke keadaan cair. Proses ini berulang selama unit AC beroperasi, menjaga suhu udara di dalam ruangan.

2. Fungsi freon AC

Lihat fungsi freon AC di bawah ini: Freon memainkan banyak peran penting dalam sistem kerja AC.

  • Menyerap panas udara di dalam ruangan.
  • Mentransfer panas ke udara di luar ruangan melalui kondensor.
  • Menyirkulasi udara kembali ke ruangan sehingga menciptakan udara yang lebih sejuk.
  • Mempertahankan tekanan yang tepat untuk menjaga efisiensi dan kinerja sistem pendingin dalam AC.

3. Bagaimana freon AC bekerja?

Banyak orang salah mengira cara freon AC bekerja. Sebagian besar dari mereka berpikir bahwa freon memompa udara panas dari dalam ruangan ke luar ruangan, kemudian memasukkan udara sebagai penggantinya. Padahal, itu tidak benar sepenuhnya.

Menurut How Stuff Works, udara panas di dalam ruangan sebenarnya tetap ada di sana, melalui proses yang membuatnya berubah menjadi dingin. Dengan kata lain, udara di dalam ruangan hanya berputar.

Singkatnya, proses kerja freon AC adalah sebagai berikut: uap bertekanan rendah diambil melalui saluran hisap oleh kompresor; gas freon kemudian dikompres hingga tekanannya meningkat dan menjadi sangat panas. Setelah itu, freon AC bergerak melalui beberapa kumparan, suhunya turun dan menjadi cair.

Setelah itu, cairan freon akan dialirkan melalui katup ekspansi, yang menurunkan suhunya hingga akhirnya menguap. Gas dari uapan juga disalurkan melalui beberapa kumparan, yang dapat menyerap panas dan menurunkan suhu udara di dalam ruangan.

4. Jenis freon AC

Dalam industri pendinginan, ada tiga jenis freon AC yang umum digunakan. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga jenis freon ini yang digunakan pada AC dan alat pendingin lainnya.

1. Freon HCFC-22 (R-22)

Baca Juga:Inilah 5 Keunggulan dari TECNO Camon 30 Premier Dibandingkan dengan Camon 20 PremierInilah 5 Daftar HP dengan Skor Benchmark Tertinggi April 2024 Versi AnTuTu

Freon AC HCFC-22 atau R-22 adalah yang paling umum digunakan dalam sistem pendingin udara rumah tangga karena sangat baik untuk mendinginkan udara dalam ruangan.

Sayangnya, freon HCFC-22 mengandung klorin, yang merusak lapisan ozon atmosfer, yang membuatnya kurang ramah lingkungan. Akibatnya, di seluruh dunia, penggunaan R-22 dilarang dalam industri pendinginan.

2. Freon Puron (R-410A)

Freon Puron, yang tidak mengandung klorin, adalah pengganti freon HCFC-22 karena lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, untuk mendukung keberlanjutan, ini adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, freon Puron memiliki tingkat efisiensi pendinginan yang tinggi karena kemampuan mereka untuk menjaga suhu ruangan stabil dengan suhu yang lebih rendah.

3. Freon HFC-134a (R-134a)

Freon HFC-134a tidak mengandung klorin atau bromin, menjadikannya alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk freon HCFC-22, yang lebih sering digunakan pada AC mobil dan alat pendingin lainnya.

Selain itu, karena memiliki stabilitas dan efisiensi pendinginan yang lebih baik dibandingkan dengan dua jenis freon sebelumnya, R-134a lebih jarang digunakan dalam kulkas, freezer, dan AC portabel.

Sekarang kamu sudah cukup memahami apa itu freon AC, kan? Secara singkat, freon adalah salah satu jenis pendingin AC yang paling umum.

0 Komentar