9 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Bunda Coba di Rumah !

foto
foto/tamana pengusir yamuk (www.jagadiri.co.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Saat memasuki musim penghujan bisanya akan banyak gerombolan nyamuk yang bertamu ke rumah-rumah tanpa permisi.

Keberadaan nyamuk ini sangat menganggu, terlebih ketika menjelang tidur, pasti tidak sedikit orang yang kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk.

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara alami yakni memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Baca Juga:Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Air Rebusan Kayu Manis !Selain Bahan Makan Hewani Ternyata Ada bahan Makan Hewani Yang Harus di Butuhi.

Sama halnya dengan tanaman tahan panas matahari, jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk memang menyimpan alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil lain, seperti lalat, tidak menyukainya.

Kebanyakan karena aroma yang di hasilkan begitu menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Untuk itu mari kita kana membahas mengenai rekomendasi tanaman pengusir nyamuk.

  • Serai Wangi

Sereh atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering di gunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan.

Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah di karenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak.

Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

  • Lemon Balm

Tanaman herba bernama lemon balm berasal dari keluarga mint Lamiaceae dan pertama kali di temukan di Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Mediterania.

Baca Juga:2 Bahan Makanan Hewani yang Banyak Di Butuhkan Oleh Tubuh.Yuk Ukur Porsi Makan Ideal dalam Kehidupan Sehari Hari Kita !

Di Indonesia, lemom balm di gunakan untuk makanan, minuman, dan bahan obat.

Salah satu kehebatan dari lemon balm adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah.

  • Catnip

Ibaratnya, catnip ini adalah tumbuhan ganja bagi kucing. Catnip yang di jilat dan di kunyah oleh kucing akan membuat kucing bertingkah lucu di sekitar tanaman.

Sehingga banyak yang mengira kucing tersebut sedang berfantasi akibat catnip. Catnip ini juga termasuk tanaman pengusir nyamuk dan pengusir tikus, lho.

  • Marigold

Marigold merupakan jenis tanaman hias bunga yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

Marigold di Indonesia lebih akrab dengan sebutan kenikir. Pada beberapa tempat, marigold juga di sebut sebagai bunga tahi ayam di karenakan mengeluarkan aroma yang tak begitu sedap.

Aroma tersebut ternyata tidak di sukai oleh nyamuk sehingga marigold menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk dengan cara yang indah.

  • Daun Selasih

Tanaman untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu Anda sudah familiar dengan nama selasih, bukan? Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum (di sebut juga daun basil) merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan.

Selain memperindah ruangan, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda.

Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa di letakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.

  • Bunga Lavender

Baik pecinta tanaman ataupun bukan, pasti sudah tidak asing dengan bunga yang cantik ini.

Lavender merupakan tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah bernama nyamuk yang bersemayam di rumah Anda.

Kehebatan lavender sendiri tidak perlu di buktikan lagi sebab bunga lavender telah banyak di jadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk.

  • Bawang Putih

Rempah yang dapat di jumpai dengan mudah di Indonesia, bawang putih, juga merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.

Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih.

Belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

  • Pennyroyal

Pennyroyal adalah tanaman yang paling di takuti nyamuk berikutnya. Pennyroyal sendiri merpakan tumbuhan yang meranmbat kecil dengan cluster bunga warna ungu.

Tumbuhan rambat yang secara tradisional di gunakan untuk mengusir nyamuk, kutu, dan tikus ini masih berkeluarga dengan minta (Lamiaceae).

Pennyroyal kerap di gunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk penolak serangga dengan cara alami.

  • Bunga Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang tahan banting terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari penyakit juga hama.

Tanaman dengan bunga yang berwarna cantik ini bisa mengeluarkan aroma wangi yang dapat mengacaukan indera penciuman dan daya efektivitas radar nyamuk.

Di karenakan bau yang cukup menyengat tersebut, tanaman ini bisa menjadi andalan untuk Anda yang sudah lama jengkel dengan keberadaaan nyamuk di dalam rumah.

Itu dia 9 dari tanaman yang bisa di gunakan untuk mengusir yamuk yang bisa anda gunakan di rumah anda,untuk itu bagi yang berminat selamat menoba.

 

0 Komentar