Inilah HP memiliki 8 fitur NFC dan kemampuan pembayaran hingga buka pintu!

Foto
Foto/Fungsi NFC HP (sohib.indonesiabaik.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- NFC memiliki banyak kegunaan, meskipun yang paling terkenal di Indonesia adalah kemampuan untuk menyimpan data kartu elektronik pembayaran, yang biasa digunakan di fasilitas KRL dan lain-lain. Ini adalah fungsi NFC.

1. Memudahkan koneksi WiFi

Beberapa tempat, seperti hotel, menyediakan alat yang disebut WiFi porter, yang memungkinkan kamu menggunakan koneksi WiFi publik langsung tanpa perlu mengisi kata sandi. Cukup menempelkan smartphone ber-NFC ke koneksi, dan kamu dapat menggunakannya.

2. Transfer data ke komputer

Pada saat ini, beberapa laptop memiliki fitur NFC. Jika kamu memiliki smartphone NFC, kamu dapat memindahkan foto dan data ke laptop tanpa perlu menyambungkan kabel atau menggunakan bluetooth.

Baca Juga:Sering Dimainkan di Media Sosial: Mari Cari Tahu Apa Itu Roleplay Game? Ini adalah penjelasanAda Banyak Nilai yang Membuatnya Unik: Inilah Rekomendasi 5 Versi HP Terbaik Mei 2024 dari GSMArena

3. Melakukan pembayaran

Smartphone NFC juga dapat memasukkan data kartu kredit atau debit kamu, sehingga kamu dapat membayar tanpa mengeluarkan kartu sama sekali dan hanya menggunakan smartphone untuk melakukannya.

4. Mengirim nomor telepon

NFC juga memungkinkan kamu mengirimkan nomor telepon seseorang; kamu hanya perlu mendekatkan smartphone berfitur NFC dan tidak perlu lagi mengetik nomor.

5. Mengirimkan data ke smartphone lain

NFC juga memungkinkan kamu mengirim data ke orang lain yang menggunakan smartphone NFC dengan mudah, biasanya hanya dengan menempelkan bagian belakang smartphone.

6. Merekomendasikan aplikasi

NFC memungkinkan kamu langsung mengarahkan teman kamu ke aplikasi yang sedang kamu gunakan. Ini jauh lebih mudah daripada memberikan nama aplikasi. Ini ideal bagi mereka yang bermain game untuk saling merekomendasikan satu sama lain.

7. Mengoperasikan aplikasi pada smartphone tambahan

Anggaplah temanmu memiliki aplikasi A dan kamu juga memilikinya. Kemudian, ketika temanmu menjalankan aplikasi tersebut dan kamu ingin menjalankannya, kamu tidak menemukannya di smartphone-mu. Dengan NFC, kamu dapat menjalankan aplikasi tersebut secara instan tanpa perlu mencarinya lagi.

8. Membuka pintu

Apakah kantor kamu menggunakan sistem kartu pendaftaran? Jika itu benar, NFC dapat menyimpan informasi sehingga kamu tidak perlu lagi membawa kartu untuk membuka pintu.

Karena tidak ada perlindungan tambahan, keamanan NFC ini masih belum diketahui. Sebagai contoh, jika smartphone kamu dicuri dan orang tersebut mengetahui kunci kartu rumah kamu, mereka dapat mengakses properti kamu.

Baca Juga:Catat dan Jangan Panik, Oke: Inilah 5 Metode Mudah dan Cepat untuk Menemukan Kontak WhatsApp yang Hilang!Lebih Teliti untuk Membedakannya: Inilah Realme GT Neo6 SE dan realme GT Neo6, Mirip tetapi Berbeda!

Apa Itu NFC?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan NFC? NFC, singkatan dari komunikasi jarak dekat, adalah teknologi yang memungkinkan smartphone berinteraksi dengan alat elektronik lain di dekatnya tanpa menggunakan WiFi, LTE, atau sinyal lain.

Teknik ini menggunakan medan elektromagnetik untuk mengirimkan data antara berbagai perangkat. NFC sering digunakan untuk pembayaran tanpa kontak, autentikasi, dan berbagi data.

Semoga fungsi NFC smartphone ini bermanfaat, ya!

0 Komentar