Mudah, Inilah Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

nyamuk
Cara Mengusir Nyamuk (Pixabay/Wikilmages)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Nyamuk merupakan serangga yang mudah ditemui di Indonesia dan bisa mengakibatkan berbagai penyakit yang berbahaya. Dalam menginfeksi penyakit, nyamuk akan menggigit objek yang dituju dan akan menimbulkan bentol yang terasa gatal.

Agar tak menimbulkan hal yang berbahaya terutama bagi kesehatan tubuh, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk. Bisa menggunakan obat nyamuk dalam bentuk bakar, semprotan maupun oles. Namun bisa juga dengan menggunakan cara lain seperti menggunakan bahan alami.

Menggunakan bahan alami dinilai menjadi cara yang sederhana dan juga tak kalah ampuh untuk mengusir nyamuk, di samping menggunakan obat-obatan. Selain itu, cara ini juga dinilai dapat membantu untuk meminimalkan efek samping yang muncul. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan.

Baca Juga:Harga Emas Antam 23 Mei 2024 Kembali Menurun, Intip Update Harga Terbaru Hari IniRaih Rekor MURI, Motor Polytron Fox-R Membuktikan Ketangguhannya dalam Menempuh Perjalanan Jarak Jauh

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

1. Serai

Serai merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak karena memiliki efek aromatik. Namun di samping untuk digunakan sebagai tambahan bumbu masak, serai juga memiliki manfaat lain yakni dimanfaatkan sebagai produk komersial seperti parfum, aromaterapi, lotion dan lilin. 

Dengan kandungan citronella atau minyak alami yang terkenal sebagai bahan alami pengusir nyamuk, serai pun disinyalir mampu mengusir serangga termasuk nyamuk. Dalam menggunakannya untuk mengusir nyamuk, bisa dengan membakar serai di dalam ruangan.

2. Lavender

Minyak esensial dari lavender, disinyalir dapat mengusir nyamuk secara alami. Aromanya yang harum mampu membuat ruangan menjadi wangi dan didalamnya, terdapat minyak esensial berperan sebagai pembunuh serangga, termasuk nyamuk.

3. Bubuk Kopi

Selanjutnya yakni menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi yang biasanya hanya dibuat menjadi minuman yang menyegarkan, namun bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya yakni dengan menaburkan bubuk kopi ke genangan air yang berada di sekitar rumah.

Pasalnya, genangan air merupakan tempat yang disukai oleh nyamuk. Jika bubuk kopi ditaburkan ke genangan air, maka telur nyamuk akan muncul ke permukaan air dan akan mati karena kekurangan oksigen.

4. Minyak Kayu Manis

Kayu manis diketahui biasa menjadi bumbu aromatik yang digunakan untuk memasak. Dari Healthline disebutkan jika terdapat penelitian di Taiwan yang menyebutkan bahwa minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk. 

5. Tanaman

Penggemar tanaman boleh bersenang hati, karena ada beberapa jenis tanaman yang disinyalir mampu mengusir nyamuk secara alami. Selain serai dan lavender, kemangi juga dinilai mampu untuk ‘membunuh’ nyamuk karena jika jentik nyamuk memakannya, maka akan mati.

Baca Juga:Kaya Nutrisi, Inilah Khasiat dari Mengonsumsi Buah SemangkaJangan Sampai Salah Beli, Inilah Ciri Semangka yang Manis

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang kuat dan membuat serangga tak menyukainya, termasuk nyamuk. Cukup mudah untuk menggunakan bawang putih yakni dengan cara mengupas dan potong beberapa siung bawang lalu taruh di tempat yang menjadi sarang nyamuk.

0 Komentar