Ruangan Terasa Panas Meskipun AC Sudah Menyala? Mungkin Ini yang Menjadi Penyebabnya!

ac tidak dingin
Apa yang Menyebabkan AC Tidak Dingin? (LOTTE Mart)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Perangkat elektronik adalah suatu kebutuhan yang hampir setiap orang memilikinya. Dengan memanfaatkan perangkat elektronik, segala pekerjaan dan aktivitas pun akan terasa lebih mudah dan lebih nyaman.

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu contoh perangkat elektronik, yang berguna untuk mendinginkan ruangan. Perangkat ini kerap digunakan hampir setiap hari, terutama ketika cuaca sedang panas atau suhu ruangan sedang meningkat.

Namun setiap perangkat elektronik, termasuk AC, akan ditemui masalah yang tidak diharapkan. Misalnya, AC menjadi tidak dingin meskipun sudah dinyalakan. Hal ini tentunya terasa menjengkelkan, apalagi jika AC sedang sangat dibutuhkan namun tidak mampu mendinginkan ruangan. Lantas, apa penyebabnya?

Baca Juga:Danau Kelimutu di NTT Mengalami Perubahan Warna, Apa yang Menyebabkan Hal Itu Terjadi? Simak InformasinyaHati-hati! Inilah Sejumlah Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Nyamuk

Hal yang Menyebabkan AC Tidak Dingin

Penyebab AC tidak dingin beragam. Berikut beberapa penyebab yang membuat AC terasa tidak dingin meskipun sudah dinyalakan seperti yang dirangkum dari laman Polytron.

1. Kapasitas yang Tidak Pas

Hal yang terkadang tidak disadari yakni kapasitas AC yang tidak pas dengan ukuran ruangan. Jika ruangan agak besar, maka sebaiknya gunakan AC dengan ukuran yang besar pula. Misalnya, untuk ruangan keluarga yang biasanya berukuran besar, maka bisa gunakan ukuran 1,5 PK atau untuk ruangan kantor bisa gunakan ukuran 2 PK.

2. Saluran Udara yang Bocor

Berikutnya yakni saluran udara yang bocor. Jika saluran udara bocor, maka udara dingin yang dihasilkan oleh AC, akan keluar sebelum mencapai ruangan. Akibatnya, AC akan bekerja lebih ekstra dan konsumsi energi pun akan meningkat.

3. Terjadi Kebocoran pada Refrigeran

Kebocoran pada refrigeran juga menjadi penyebab AC tidak dingin karena refrigeran berguna untuk mendinginkan udara di dalam AC. Jika refrigeran bocor, maka efisiensi pendinginan AC juga akan menurun dan mengakibatkan udara menjadi terasa tidak sejuk.

4. Kompresor Bermasalah

Masalah lainnya yakni lantaran kompresor bermasalah. Kompresor merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk mengompres refrigeran sehingga dapat menghasilkan udara dingin. Apabila kompresor mengalami kerusakan atau kegagalan, maka proses pendinginan tidak akan berjalan dengan baik. 

5. Bagian Filter yang Kotor

Filter AC berguna untuk menyaring udara dari debu serta partikel lainnya yang masuk ke dalam sistem pendingin. Apabila filter kotor apalagi tersumbat, tentunya akan menghambat aliran udara dan AC pun tidak bisa bekerja secara efektif. Dengan demikian, udara yang keluar pun akan terasa panas.

0 Komentar