Pemanfaatan Sanimas Dinilai Tidak Efektif, Lebih Baik Dana Ratusan Juta Untuk Jambanisasi Tiap Rumah

Pemanfaatan Sanimas Dinilai Tidak Efektif, Lebih Baik Dana Ratusan Juta Untuk Jambanisasi Tiap Rumah
0 Komentar

Inilah salah satu sanitasi berbasis masyarakat atau Sanimas yang berada di tengah RW 7 kampung Kesunean kelurahan Kasepuhan kecamatan Lemahwungkuk kota Cirebon. Sanimas ini dibangun sejak 2014 lalu dengan dana ratusan juta rupiah.

Namun kondisinya saat ini tidak beroperasional dengan baik karena masyarakat setempat tidak sering menggunakannya meskipun air untuk Sanimas ini selalu tersedia, bahkan kondisi bangunan tidak terawat dengan baik dan pintu toliet pun di gembok.

Ketua RW 7 mengakui bahwa sanimas yang dibangun pemerintah kota Cirebon ini dinilai tidak efektif karena masih banyak warga yang lebih memiliki buang air besar dilaut, sebaikanya dana ratusan juta yang digunakan untuk pembangunan dialokasikan untuk jambanisasi di setiap rumah.

Baca Juga:Pembangunan Pasar Rakyat Gegesik Selesai Pedagang Minta Kelengkapan Fasilitas UmumTahun 2019 Tidak Ada Peremajaan Angkutan Kota, Pemkot Lebih Pilih Bus Sekolah Untuk Antar Jemput Pelajar

Ketua RW juga mengatakan bahwa tidak efektifnya Sanimas ini tidak hanya di RW 7 melainkan di sejumlah RW lain pun terjadi serupa seperti di RW 8 Kasepuhan dan di wilayah Samadikun.

https://www.youtube.com/watch?v=5JFSiJXoyHo

0 Komentar