Layanan Aktivasi KTP Digital Diserbu

Layanan Aktivasi KTP Digital Diserbu
0 Komentar

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kota Tegal. Terus melakukan upaya jemput bola ke kampung kampung, atau kecamatan, untuk menghadirkan pelayanan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD), saat ini 2.600 penduduk ber-KTP Kota Tegal, bermigrasi ke identitas kependudukan digital.

Seperti di Kampung KB COE, Semarak Karya, Kelurahan Panggung, Kota Tegal, menggandeng Disdukcapil Kota Tegal, memfasilitasi pembuatan identitas kependudukan digital, Selasa pagi.

Para peserta yang mayoritas ibu rumah tangga ini tampak antusias mengantri pembuatan aktivasi identitas kependudukan digital atau IKD. IKD merupakan dokumen identitas versi digital yang dapat diakses secara online di smartphone.

Baca Juga:Pengurus DMI Kab. Cirebon Resmi DilantikMasyarakat Getrakmoyan Protes Kerusakan Jalan

Kepala Disdukcapil, Kota Tegal, Basuki, mengatakan, pelayanan untuk menggunakan aplikasi identitas kependudukan digital dari Kemendagri ini terus disampaikan kepada masyarakat luas.

Menurutnya, penggunaan identitas kependudukan digital ini lebih praktis karena dokumen yang dimiliki oleh pemegang identitas tercakup dalam sebuah aplikasi di smartphone secara digital.

Basuki menyebut aktivasi IKD ini merupakan program pemerintah pusat yang harus dilakukan secara masif kepada masyarakat, saat ini sekitar 2.600 penduduk ber-KTP Kota Tegal, telah bermigrasi ke identitas kependudukan digital.

Pemegang akun IKD ini harus memiliki smartphone berbasis android, dan telah memiliki E-KTP fisik, email, dan nomer ponsel. Dari sisi keamanan data, apliksi IKD ini dilengkapi dengan fitur pencegahan tangkap layar atau screenshot.

Kini dengan aplikasi ini, masyarakat lebih mudah dalam mengakses pelayanan publik, cukup menunjukan baik saat di bandara, stasiun, atau di perbankan dan berlaku selamanya.

Ketua Kampung KB CEO Semarak Karya, Kota Tegal. Yusqon, mengatakan, pihaknya sengaja menghadirkan Disdukcapil untuk memberikan fasilitas pembuatan IKD atau KTP digital secara jemput bola.

Menurut Yusqon, kegiatan ini menjadi alternatif pelayanan untuk lingkungan warga Kampung KB COE Semarak Karya, Kelurahan Panggung, Kota Tegal.

Baca Juga:Kuwu Getrakmoyan Jadi Sasaran Amarah Warga Terkait Jalan RusakDinsos Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Rentan Ekonomi

Ia berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan fungsi keluarga dalam perkembangan teknologi digital.

0 Komentar