Apa itu Cikarang? Samakah dengan Bekasi? Ayo Jangan Keliru!

cikarang
Cikarang di juluki kota Industri terbesar se-Asia Tenggara/ foto: Wikipedia/
0 Komentar

Cikarang di juluki kota Industri terbesar se-Asia Tenggara/ foto: Wikipedia/
Apa itu Cikarang? Samakah dengan Bekasi? Ayo Jangan Keliru!

RADARCIREBON.TV – Apasih Cikarang itu? Berasal dari mana? Apakah Cikarang itu Bekasi?

Cikarang adalah ibu kota dari Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Daerah ini meliputi wilayah kecamatan Cikarang Pusat, Barat, Timur, Utara dan Selatan di Kabupaten Bekasi.

Nama Sungai Cikarang sendiri berasal dari kata “Ci” atau “Cai” yang dalam Bahasa Sunda artinya adalah air, dan kata “Karang” yang merupakan nama tempat mata air dari Sungai Cikarang berasal yang berada di Bukit Karang, Desa Cibodas, Jonggol.

Baca Juga:5 Aplikasi Penghasil Uang 100% Tanpa Undang TemanWulan Guritno Open BO – Series Terbaru Indonesia

Secara geografis ini di lintasi oleh banyak sungai, antara lain Sungai Cikarang, Sungai Cipamingkis, Sungai Cisadang, Sungai Cikedokan, Sungai Cibeet dan Sungai Ciherang, semua sungai yang melintasi Cikarang ber hulu di wilayah Dataran Tinggi Jonggol, Bogor.

Sebelumnya pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi berada di Kota Bekasi, yang karena pemekaran daerah sekarang menjadi kota otonom. Cikarang memiliki kawasan Jababeka yang merupakan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

Saat ini telah menjadi salah satu pusat industri nasional yang nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di sana merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik 25 negara berlokasi di kawasan tersebut.

Tak hanya sebagai kawasan industri saja, tetapi mempunyai begitu banyak wisata yakni wisata rekreasi dan wisata kuliner yang dapat dikunjungi wisatawan. Begitu banyak investor yang ingin menanamkan modal di sini. Menjadi pusat industry yang begitu padat akan aktivitas setiap harinya, tak heran jika daerah tersebut di juluki kota Industri terbesar se-Asia Tenggara.***

Sumber: Wikipedia

0 Komentar