Budidaya Jamur Tiram Yang Menggiurkan

0 Komentar

Di Desa Jati Seeng Kidul Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon, terdapat usaha dan budidaya jamur tiram yang tetap eksis hingga sekarang ini. Berbagai budidaya hingga beberapa olahan jamur tiram dikembangkan di dalam usaha tersebut.

Budidaya jamur tiram di Jatiseeng Kidul Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon ini, tetap eksis dan bertahan hingga sekarang. Meski mengalami banyak kesulitan, akan tetapi usahanya masih terus berkembang.

Budidaya dan usaha ini sudah 10 tahun berjalan, dan sudah banyak menghasilkan berbagai olahan jamur. Pada awalnya usaha jamur ini memiliki berbagai macam jenis jamur, akan tetapi sekarang hanya tersisa jamur tiram saja, karena usia petani jamur yang sudah tak lagi muda.

Baca Juga:Anies Baswedan Pulang KampungKonsep Desa Wisata Dinilai Perlu Untuk Dimatangkan

Namun demikian hal tersebut tidak mengurangi semangatnya untuk tetap mempertahankan budidaya jamur, sebagai usaha yang menginspirasi banyak orang, dan telah banyak membantu tetangga dalam memberikan nafkah kepada keluarganya.

Olahan jamur dalam usaha ini diantaranya sate jamur, nugget jamur, jamur krispi, rendang jamur dan ladu jamur. Beberapa diantaranya, sudah tersedia di Galeri Carubang oleh-oleh khas Cirebon di Jalan Cipto Kota Cirebon.

Pemilik mengaku dalam menjalankan bisnisnya, banyak produk sudah dikirim ke berbagai daerah mulai dari yang terdekat, hingga ke mancanegara, seperti olahan jamur krispi yang sudah pernah dikirim ke Hiroshima dan Hokaido.

Namun saat ini, dirinya mengurangi jumlah produksi karena melihat usia yang sudah tidak muda, dan berharap anak-anaknya bisa kembali mengembangkan usaha jamurnya agar bisa lebih sukses.

Dalam sekali panen penuh, Yani menghasilkan 60 kilogram jamur, dan mampu mendapatkan omset sekitar 1 juta rupiah dalam satu hari.

Usahanya memiliki 8 karyawan ibu-ibu dan 2 karyawan laki-laki, dengan setiap karyawan memiliki tugas yang berbeda-beda.

Dalam menjalankan usahanya, Yani bisa melakukan semua proses dari proses awal, hingga olahan jamur yang siap santap. Semua dilakukan hanya demi menjamin kualitas dari jamur yang ia peroleh, dan terhindar dari bahan kimia.

0 Komentar