Purwokerto Atau Banyumas? Cari Tahu Selengkapnya Di Sini

Alun-alun Purwokerto
Alun-alun Purwokerto. Foto: radarbanyumas
0 Komentar

Alun-alun Purwokerto. Foto: radarbanyumas
Purwokerto Atau Banyumas? Cari Tahu Selengkapnya Di Sini

RADARCIREBON.TV-  Ada sebuah tempat yang dapat menjadi destinasi pilihan di akhir pekan. Bagian dari provinsi Jawa Tengah ini mendapat banyak julukan, mulai dari kota pendidikan, kota kripik, kota transit, dan sebutan lainnya tentang kota ini. Yap, selamat datang di Purwokerto.

Purwokerto atau Purwakerta merupakan sebuah tempat yang berada di bagian wilayah di Jawa Tengah. Secara geografis Purwokerto terletak di bagian selatan Gunung Slamet serta berada di ketinggian 71 sampai 286 m dpl (rerata 183,87m dpl) juga berada di koordinat 7°26′S 109°14′E serta berbatasan langsung dengan daerah Sokaraja yang terdapat Kali Peluas. Karena berada di wilayah Gunung Slamet inilah, Purwokerto memiliki tanah yang begitu subur cocok untuk lahan pertanian.

Melihat luas wilayah ini, jumlah penduduk di Purwokerto pun tidak sedikit. Menurut data BPS Kabupaten Banyumas tahun 2020 Jumlah penduduknya sebanyak  249.618 jiwa di Oktober tahun.  Dengan banyaknya jumlah penduduk tersebut, daerah ini terbagi atas empat kecamatan dan 27 Kelurahan. Empat kecamatan tersebut bernama Purwokerto  Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat, dan Purwokerto Timur.

Baca Juga:Zaman Sudah Now, Samsung Galaxy A03s Masih WowSamsung Galaxy A22, Hp Si Paling Awesome. Masa Iya?

Purwokerto di tinjau dari kepemerintahan, daerah ini sebenarnya tidak berdiri sendiri, loh. Daerah ini masih menjadi bagian administrasi dari derah Kabupaten Banyumas, bahkan secara de jure masih di bawah kepemerintahan Kabupaten Banyumas. Bahkan ada yang menyebut jika Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten dari Banyumas.

Bergesar ke sektor pariwisata, kota Purwokerto menawarkan segudang destinasi yang cocok untuk mengisi waktu libur Anda, misalnya museum, gua, air terjun, kebun raya, dll. Jangan salah, destinasi wisat di Purwokerto sudah berskala nasional, yang artinya keindahannya sudah tidak diragukan lagi.. Kemudian disebut sebagai kota pendidikan, Purwokerto juga masuk tujuan para pelajar yang akan melanjutnya studi. Perguruan tinggi terkenal di sana yaitu Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED), Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan kampus ternama lainnya.

Untuk yang ingin berwisata kuliner, jangan khawatir perut Anda kelaparan parah. Di Purwokerto banyak  makanan khas yang patut Anda coba. Yang paling terkenal adalah mendoan yakni olahan tempe berbalut tepung yang digoreng dan dimakan dengan racikan kecap dan cabai.

Itulah lokasi Purwokerto sebenarnya dengan berbagai macam bagian wilayah.

 

0 Komentar